Lembaga Sensor Film Daerah, Perlukah?

Kajian, Friday, 05 June 2015, Penulis: Dyna Herlina S

Penulis menyarankan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk tidak menyelenggarakan LSF Daerah DIY karena tidak relevan dengan situasi DIY saat ini. 

  • Lukman Sardi: Jangan Sampai Ada Korban Lagi

    Sosok, Monday, 26 January 2015, Penulis: Amalia Sekarjati

    Ada satu perubahan yang yang kita kenal dengan reformasi, tapi korban yang berjatuhan juga banyak. Kan maunya kejadian itu tidak terulang lagi. Kalau mau ada perubahan ke arah yang bagus, ya bagus. Namun, jangan sampai ada korban.

  • FFD 2014: Tumiran Terbaik

    Berita, Saturday, 20 December 2014, Penulis: Redaksi FI

    Tumiran (Vicky Hendri Kurniawan) berhasil menjadi film terbaik kategori dokumenter panjang dalam Festival Film Dokumenter (FFD) 13 tahun ini yang berlangsung tanggal 10-13 Desember. Sementara, Akar (Amelia Hapsari) dan  Penderes dan Pengidep (Achmad Ulfi) menjadi film terbaik dari kategori film dokumenter pendek dan kategori film dokumenter pelajar.

  • Eva Celia: This Is a Dream Come True!

    Sosok, Wednesday, 17 December 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Kalau ada tawaran lagi untuk berpartisipasi dalam film laga, saya percaya kalau saya sanggup. Dengan catatan, standarnya seperti film ini. Soalnya sejak kecil saya memang sudah menyukai genre ini. Bisa ikut bermain dalam film ini adalah mimpi yang jadi kenyataan. This is a dream come true!”

  • FFI 2014: Cahaya dari Timur Film Terbaik

    Berita, Sunday, 07 December 2014, Penulis: Redaksi FI

    Cahaya dari Timur: Beta Maluku meraih penghargaan Piala Citra untuk film terbaik Festival Film Indonesia 2014. Piala disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada acara puncak FFI 2014 di Palembang Square Convention Center Sabtu malam (6/12).

  • FFI 2014: Pemenang Lomba Kritik Perfilman dan Daftar Nominasi

    Berita, Wednesday, 26 November 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Dua pemenang kritik perfilman ialah jurnalis filmindonesia.or.id: Deden Ramadani lewat tulisannya Jumlah Bioskop dan Film Bertambah, Jumlah Penonton Turun dan Adrian Jonathan Pasaribu lewat artikel Keberpihakan Bioskop yang dimuat di Cinemapoetica.com. Pemenang lainnya ialah Herman Wijaya lewat tulisannya FFI, Hajat Insan Film yang Tersandera Tender Pemerintah di blog pribadi Kompasiana.

  • FFI 2014: Bangga Film Indonesia

    Berita, Saturday, 18 October 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Festival Film Indonesia (FFI) 2014 hadir dengan tema “Bangga Film Indonesia”. Tema tersebut dipilih karena dinilai mampu mewakili semangat perubahan menuju iklim perfilman nasional yang lebih baik.

     

  • Sidi Saleh: Bikin Film Murah yang Tidak Murahan

    Sosok, Friday, 10 October 2014, Penulis: Pandji Putranda

    "Venice itu festival film yang buat saya paling sentimental." Tahun 2011 silam, ketika Sidi diundang ke Festival di Udinese, ia sempat jalan-jalan ke Venice. Hari berikutnya Sidi menerima kabar ayahnya meninggal. “Ayah adalah orang pertama yang memperkenalkan saya dengan kamera."

  • Acha Septriasa: Saya Suka Sekali Akting

    Sosok, Thursday, 09 October 2014, Penulis: Amalia Sekarjati

    Untuk tahun 2014 ini, ada sepuluh naskah film yang masuk untuk Acha. Namun, ia hanya menerima lima film dengan pertimbangan cerita filmnya sekaligus waktu yang tersedia. Apa tidak bosan main di film-film cinta terus? “Nggak, sih. Saya suka sekali akting, jadi nggak bosan. Di mata saya, semua peran pasti menantang.” 

  • Sheila Timothy: Pengembalian Modal Tidak Hanya dari Bioskop

    Sosok, Tuesday, 23 September 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Nah, yang perlu diingat adalah ‘pengembalian modal tidak hanya berasal dari bioskop’. Jadi kami tidak membebankan film tersebut untuk sukses di pasaran dengan banyaknya jumlah penonton. Tidak demikian, karena menurut saya itu tidak realistis. Terlebih melihat kondisi (perfilman) kita sekarang ini.”