Catatan Tengah Tahun Film Indonesia 2014

Kajian, Kamis, 10 Juli 2014, Penulis: Deden Ramadani

Meski tren menurunnya jumlah penonton terus terjadi dalam empat tahun terakhir, kenaikan jumlah penonton dan rata-rata jumlah penonton setengah tahun ini dibandingkan setengah tahun sebelumnya boleh lah menjadi kabar baik juga bagi para pembuat film Indonesia. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa perhitungan jumlah dan rata-rata perolehan penonton setengah tahun di atas masih merupakan hitungan kasar. Karena realitanya, sering terjadi ketimpangan perolehan jumlah penonton antarfilm Indonesia.

  • Angga D Sasongko: Kalau Tidak Cedera, Belum Tentu Jadi Sutradara

    Sosok, Jumat, 27 Juni 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Empat tahun setelah roman Hari untuk Amanda (2010), sutradara Angga Dwimas Sasongko yang akrab disapa Dimas kini kembali ke layar bioskop dengan memboyong rombongan tim sepak bola anak-anak Maluku ke dalam film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014).

  • Tujuh Pemenang XXI Short Film Festival 2014 Ditayangkan

    Berita, Kamis, 26 Juni 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Cinema 21 kembali menghadirkan kompilasi film-film pemenang XXI Short Film Festival 2014 di beberapa layar bioskop Indonesia. Ketujuh film pemenang dari festival film pendek ini akan mulai tayang serentak pada tanggal 3 Juli 2014.

  • Lucky Kuswandi: Malam di Jakarta Lebih Terasa Jujur daripada Siang Hari

    Sosok, Jumat, 20 Juni 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Jakarta ini lucu. Setiap kali saya meninggalkan Jakarta, saya merasa senang sekali. Tapi setelah pergi, ujung-ujungnya saya selalu kangen. Ke manapun saya pergi, saya mendapati diri saya kembali kangen dengan suasana Jakarta. 

  • Maya Evans: Film Laga Hampir Punah Karena Pemeran Andalan Menua

    Berita, Rabu, 11 Juni 2014, Penulis: Pandji Putranda

    "Film nasional yang bergenre laga bisa dibilang hampir punah sejak kemunculannya terakhir di tahun 70-80an. Alasannya sederhana, aktor aktris andalannya semakin menua," ujar Maya Evans saat menceritakan pengalamannya membuat film bergenre laga bersama tim Merantau Films.

  • Kolaborasi APROFI dan KAFA, Tali Silaturahmi Indonesia dan Korea

    Berita, Selasa, 10 Juni 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) dam Korean Academy of Film Arts (KAFA) mengadakan program kolaborasi bertemakan KAFA+ and APROFI 2014 PreBiz Event yang berlangsung pada tanggal 8-13 Juni 2014 di Jakarta dan Bali. Pembukaan acara ini berlangsung di Kineforum DKJ, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Senin 9 Juni 2014.

  • LSF Sosialisasikan Pemberlakuan PP No. 18 Tahun 2014

    Berita, Selasa, 10 Juni 2014, Penulis: Amalia Sekarjati

    Dalam rangka sosialisasi Peraturan Pemerintah terbaru tentang sensor film, Lembaga Sensor Film (LSF) menyelenggarakan Forum Koordinasi dan Kerjasama LSF dengan PPFI, GPBSI, dan Lembaga Televisi. Forum tersebut menghadirkan Ketua LSF Mukhlis Paeni sebagai pembicara kunci. Acara berlangsung di Gedung Film, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin, 9 Juni 2014 pukul 13.00-16.00.

  • Ibnu Jamil: Tujuannya Cuma Satu, Lari

    Sosok, Kamis, 05 Juni 2014, Penulis: Pandji Putranda

    Bagi pria yang kerap disapa Ijam ini, bermain dalam film bertema olah raga merupakan sesuatu yang senantiasa menarik. Pada Mari Lari, karakter Reza diceritakan sebagai pelari veteran yang baru saja menapaki lintasan maraton Angkor Wat, Kamboja. Sedangkan di kancah nasional, Reza juga cukup dikenal sebagai penggiat lari dari Indo Runners Club.

  • FFP 2014: Tidak Ada Film Fiksi SMA Terbaik

    Berita, Selasa, 03 Juni 2014, Penulis: Amalia Sekarjati

    Juri FFP 2014, mengumumkan bahwa tidak ada pemenang untuk kategori Fiksi SMA. Untuk Dokumenter SMA, film Dhewek be Islam karya Sidiq Nur Toha dari MA Minat Kesugihan Cilacap meraih Film Dokumenter SMA Terbaik. Dan Tuyul karya Eko Junianto dari SMP 4 Karangmoncol Purbalingga menang Film Fiksi SMP Terbaik.

  • Proyeksi Integrasi Vertikal Film di Indonesia

    Kajian, Senin, 26 Mei 2014, Penulis: Meiske Taurisia

    Cinemaxx adalah nama jaringan bioskop baru kepemilikan Lippo Group, yang bergerak dalam jenis usaha ekshibisi dan distribusi film. Apakah ini mengindikasikan integrasi vertikal industri media kepemilikan Lippo Group akan merambah ke jenis usaha film?