Macan Tutul Emas untuk Dendam, Prestasi Tertinggi Film Indonesia yang Tak Dipahami

Berita, Friday, 24 September 2021, Penulis: Lisabona Rahman

Di tengah pandemi global Covid-19 yang membatasi produksi film serta berkumpul secara fisik di bioskop dan di festival, Indonesia mendapat kabar baik ini. Saya harus menyatakan bahwa saya merasa sangat beruntung dapat menyaksikan film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (singkatnya, ”Dendam”) menemui penontonnya dalam pemutaran perdana dunia di Locarno.

  • Pemandangan Umum Industri Film Indonesia 2020

    Kajian, Monday, 22 March 2021, Penulis: Redaksi FI

    Baru kali ini industri perfilman Indonesia dilumpuhkan oleh sesuatu yang bukan tindakan manusia. Sepanjang sejarahnya sejak awal abad ke-20, industri film Indonesia memang tidak stabil perkembangannya dan selalu naik-turun, akan tetapi penyebabnya berasal dari perang, konflik politik atau kebijakan yang lebih membela monopoli peredaran film impor - dengan kata lain, bencana tindakan manusia. 

  • Pustaka Festival Film di Indonesia

    Kajian, Tuesday, 29 December 2020, Penulis: Lulu Ratna

    Perbincangan mengenai festival film di Indonesia dimulai melalui tulisan mengenai pengalaman pembuat film menghadiri festival film. Awalnya tulisan tersebut terbit dalam media massa, kemudian diterbitkan bersama tulisan mengenai praktik film lainnya dalam bentuk buku

  • Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia 2020

    Berita, Monday, 14 December 2020, Penulis: Redaksi FI

    Sabtu malam, 5 Desember 2020, panitia penyelenggara Festival Film Indonesia melangsungkan Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Melalui pembacaan secara bergantian, inilah daftar film-film yang memperoleh penghargaan Piala Citra, FFI 2020.

  • Nominasi FFI 2020

    Berita, Tuesday, 10 November 2020, Penulis: Redaksi FI

    Sabtu, 07 November 2020, penyelenggara Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan daftar nominasi penerima penghargaan FFI 2020. 

  • Perkembangan Film Indonesia 2019: Bukan sekadar jumlah penonton.

    Kajian, Tuesday, 03 March 2020, Penulis: Agus Mediarta

    Dalam paparan tentang perkembangan industri film, indikator kuantitatif hanyalah pijakan awal untuk membaca dan memahami kondisi dan pertumbuhan industri. Kumpulan data-data angka tersebut tidak mewakili gambaran utuh keadaan industri dan masih sangat membutuhkan analisis-analisis lain dengan pendekatan multidisiplin-multidimensi.

  • Unduh buku Pandangan Umum Industri Film Indonesia 2019

    Berita, Wednesday, 18 September 2019, Penulis: Redaksi FI

    Buku Pandangan Umum Industri Film Indonesia 2019 dapat diunduh secara cuma-cuma, sebagai referensi perihal analisis tahunan industri film Indonesia. 

  • Sekilas Mengenang Edward Pesta Sirait (7 Agustus 1942 – 12 Januari 2019)

    Sosok, Wednesday, 23 January 2019, Penulis: Parakitri T. Simbolon

    Setelah dirawat di RS Pondok Indah, Jakarta, karena komplikasi diabetes sejak Kamis 3 Januari 2019, Edward Pesta Sirait, sutradara puluhan film dan ratusan seri sinetron Indonesia, akhirnya meninggal dunia di ruang perawatannya pada hari Sabtu 12 Januari 2019, pukul 17:58 WIB. Sejak malam harinya jenazah disemayamkan di rumahduka RS Dharmais, Jakarta, lalu dimakamkan pada siang hari Senin 14 Januari di Sandiego Hills, Karawang Barat. Edward, yang disebut Edo oleh teman-temannya, meninggalkan 16 orang kesayangan terdekatnya: isterinya, Gottina Tiapul br Tambunan, empat anak dan empat menantu, serta tujuh cucu.

  • Membicarakan Penonton Festival Film Kekinian

    Kajian, Thursday, 05 July 2018, Penulis: Dyna Herlina S

    Seiring dengan pertumbuhan kegiatan perfilman di Yogyakarta, festival film juga lahir dan berkembang atas dukungan penonton. Kehadiran penonton menjamin keberlangsungan peristiwa budaya semacam ini.

  • Kaleidoskop 2017: Bioskop yang Belum Ramah bagi Semua

    Kajian, Thursday, 15 February 2018, Penulis: Deden Ramadani

    Stabilnya pertumbuhan jumlah judul dan penonton film Indonesia turut disumbangkan oleh pertumbuhan industri bioskop di tanah air. Meski saat ini banyak pemain yang terlibat, nyatanya bioskop masih belum dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, baik dari aspek geografis, maupun daya beli.