Kaleidoskop 2017: Bioskop yang Belum Ramah bagi Semua

Kajian, Thursday, 15 February 2018, Penulis: Deden Ramadani

Stabilnya pertumbuhan jumlah judul dan penonton film Indonesia turut disumbangkan oleh pertumbuhan industri bioskop di tanah air. Meski saat ini banyak pemain yang terlibat, nyatanya bioskop masih belum dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, baik dari aspek geografis, maupun daya beli.

  • Kaleidoskop 2017: Mengukur detak jantung industri film Indonesia

    Kajian, Saturday, 17 February 2018, Penulis: Agus Mediarta

    Terdapat beberapa hal menarik dari perjalanan film Indonesia sepanjang 2017. Pada beberapa indikator seperti jumlah layar dan penonton menunjukkan adanya pertumbuhan. Dari segi jumlah film beredar, terdapat penurunan dibandingkan dengan tahun 2016 tetapi dalam jumlah yang tidak signifikan. Bahkan bila dilihat dari pembagian perolehan penonton, berkurangnya jumlah film beredar di tahun 2017 juga dapat dipandang positif.

  • Daftar Pemenang FFI 2017

    Berita, Saturday, 11 November 2017, Penulis: Lisabona Rahman

    Daftar nomine dan pemenang di FFI 2017

  • Marcel Batara Goempar: "Posesif" Dan Permainan Eksplorasi Ruang

    Wawancara, Saturday, 11 November 2017, Penulis: Pandji Putranda

    Sinematografi film ini berbeda dari film-film remaja lainnya, di sini dunia remaja bukan gambar lembut dan cerah berwarna-warni mencolok yang menyarankan keceriaan dan semacam kenaifan melainkan gambar tajam yang berwarna cenderung realistis dan berkesan kontemplatif.

  • FFD 14: Tanah Mama Terbaik

    Berita, Tuesday, 15 December 2015, Penulis: Redaksi FI

    Tanah Mama produksi Kalyana Shira Foundation dan film pertama sutradara Asrida Elisabet meraih penghargaan terbaik untuk kategori film dokumenter panjang dalam Festival Film Dokumenter yang berlangsung 7-12 Desember 2015 di gedung Societet Taman Budaya Yogya,  IFI-LIP, dan Tembi Rumah Budaya, Yogya.

  • JAFF ke10: Tiga Film Indonesia Raih Penghargaan

    Berita, Tuesday, 08 December 2015, Penulis: Redaksi FI

    Tiga film Indonesia meraih penghargaan dalam Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) ke10 yang berakhir 6 Desember 2015 malam di Taman Budaya Yogyakarta, meskipun penghargaan tertinggi festival (Golden Hanoman Award) jatuh pada film dokumenter Cambodian Son karya Masahiro Sugano (produksi Kamboja, AS, Perancis dan Inggris). Penghargaan Silver Award diraih oleh Swap karya Remton Siega Zuasola dari Filipina.

  • FFI 2015: Siti Film Terbaik

    Berita, Tuesday, 24 November 2015, Penulis: Deden Ramadani

    Siti, film yang tidak direncanakan untuk beredar di bioskop meraih penghargaan Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Expo, Banten Senin malam (23/11).

  • Unggulan FFI 2015

    Berita, Friday, 13 November 2015, Penulis: Redaksi FI

    Pengumuman unggulan Festival Film Indonesia 2015 dilakukan di Lamoda Cafe, Plaza Indonesia, Kamis malam (12/11). Malam penganugerahan akan dilaksanakan pada 23 November di Indonesia Convention Exhibition, Banten. Hasil lengkap unggulan:

  • Juri AFI 2015: Penghargaan pada Penyumbang Budaya Sinema

    Berita, Monday, 26 October 2015, Penulis: Redaksi FI

    Bertolak dari tema Apresiasi Film Indonesia 2015, “Daya Budaya Sinema Indonesia,” Dewan Juri melihat pentingnya memberikan apresiasi pada budaya sinema yang menopang perkembangan film Indonesia.

  • Sinema: ”Magic Indonesia”

    Kajian, Monday, 12 October 2015, Penulis: Garin Nugroho

    Saatnya sinema Indonesia tidak lagi bertanya: kenapa film-film berkualitas tidak cukup laku, tetapi yang harus dilakukan adalah membangun strategi budaya film Indonesia menghidupkan tiga pilar budaya film, baik alternatif, komersial, maupun heritage.