Bioskop, Karakter Bangsa?

Kajian, Monday, 31 August 2015, Penulis: Garin Nugroho

Saatnya kerja konstruktif bersama dilakukan, namun juga orang film harus berani terus menuntut dan berkata ” tidak” pada diskriminasi produktivitas produk lokal. Jika ini tidak dilakukan sebagai suatu kewajaran, Nawacita Jokowi hanya jadi cita-cita yang tak bernyawa...

  • Bulan Film Nasional 2012: Fokus Film-film Edwin

    Berita, Tuesday, 20 March 2012, Penulis: Gayatri Nadya

    "Focus on Edwin" adalah salah satu program Bulan Film Nasional 2012. Ada pemutaran enam film pendek, dua film panjang, tiga film dokumenter, dan diskusi film Kebun Binatang.

  • Bulan Film Nasional 2012: Film Lawas dalam Kaos

    Berita, Friday, 16 March 2012, Penulis: Angga Rulianto

    Kineforum kembali menggalang dana lewat penjualan kaos dengan desain tiga poster film Indonesia lawas: Tiga Dara, Duo Kribo, dan Ateng Mata Keranjang. Penjualan kaos ini akan dimulai dalam Konser Musik dan Bazaar yang diselenggarakan 31 Maret mendatang.

  • Bulan Film Nasional 2012: Jadwal Lengkap

    Berita, Friday, 16 March 2012, Penulis: Lintang Gitomartoyo

    Berikut jadwal lengkap Bulan Film Nasional 2012: Sejarah adalah Sekarang 6 yang akan diselenggarakan sepanjang 15 - 31 Maret 2012.

  • Bulan Film Nasional 2012: Membaca Kembali Karya Sjuman Djaya

    Berita, Wednesday, 14 March 2012, Penulis: Adrian Jonathan Pasaribu

    Forum Lenteng akan mengadakan program retrospeksi karya-karya Sjuman Djaya sepanjang Bulan Film Nasional 2012, 15-31 Maret. Ada enam film yang akan diputar dan didiskusikan.

     

  • Edwin: Film Tak Bisa Lepas dari Pembuatnya

    Wawancara, Tuesday, 13 March 2012, Penulis: Adrian Jonathan Pasaribu

    Postcards from the Zoo keliling dunia dan membuat sejarah untuk sinema Indonesia. Film ini mewakili Indonesia di Berlinale 2012. Edwin, pembuatnya, sendiri sebenarnya sudah memulai karier internasionalnya tujuh tahun silam. 

  • Sjuman Djaya, Warkop, dan Ekranisasi dalam Bulan Film Nasional 2012

    Berita, Monday, 12 March 2012, Penulis: Ilma Fathnurfirda

    Sekitar 60 film nasional siap menyemarakkan Bulan Film Nasional 2012 yang diselenggarakan oleh Kineforum dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

  • Andhy Pulung Menemui Ruang Tak Terbatas

    Sosok, Wednesday, 29 February 2012, Penulis: Redaksi FI

    "Saat menjadi editor, ruang saya sangat terbatas. Kini saat menjadi sutradara saya menemui ruang tak terbatas. Dan itu adalah tantanganya," jelas Andhy Pulung tentang debutnya sebagai sutradara di film Keumala.

  • Ikang Fawzi Tinggal di Pesantren

    Sosok, Wednesday, 29 February 2012, Penulis: Redaksi FI

    "Sebelum syuting saya sempat satu bulan di pesantren, mempelajari bagaimana kehidupan para Kyai dan anak-anak santri. Saya ngobrol dengan mereka agar karakter saya keluar," kenang Ikang Fawzi.

  • Restorasi Film Lewat Djam Malam

    Berita, Saturday, 25 February 2012, Penulis: Amalia Sekarjati

    Film Lewat Djam Malam tengah menjalani proses restorasi di Bologna, Italia, sejak Agustus 2011 lalu. Usaha restorasi adalah mengembalikan kondisinya seasli seperti sebelumnya, bukan untuk menambahkan apapun. 

  • StoS Film Festival 2012: Tidak Ada Pemenang Kompetisi Film Pendek Fiksi

    Berita, Monday, 27 February 2012, Penulis: Amalia Sekarjati

    Dari 32 film pendek fiksi yang masuk dan tujuh yang menjadi unggulan, Dewan Juri memutuskan bahwa tidak ada pemenang untuk Kompetisi Film Pendek Fiksi di South to South Film Festival tahun ini.