31 Juri FFI 2013 Ditetapkan

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Festival Film Indonesia 2013Panitia Pelaksana Festival Film Indonesia (FFI) 2013, telah mengumumkan 31 nama yang akan menjadi juri tahun ini. Sesuai dengan kategori film yang dikompetisikan, dewan juri bertugas menilai Film Bioskop, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter, Film Pendek, dan Film Televisi.

Aktor Slamet Rahardjo Djarot terpilih menjadi ketua dewan juri untuk Film Bioskop. Untuk Film Pendek, tim juri akan dipimpin oleh akademisi film Matius Ali. Ketua dewan juri untuk Film Dokumenter adalah Arthur S Natan, sedangkan sutradara senior Gotot Prakosa akan duduk sebagai ketua dewan juri Film Animasi Pendek. Lalu, aktor Sys NS akan menjadi ketua untuk tim juri Film Televisi.

"Mereka adalah orang-orang yang cakap di bidangnya, dan datang dari berbagai kalangan, baik tua maupun muda," ujar HM Firman Bintang, Ketua Umum Pelaksana FFI 2013. Para juri diperkirakan mulai bekerja secara serentak per tanggal 21 Oktober. Terutama untuk Film Bioskop, dewan juri tidak hanya bertugas memilih pemenang, tetapi juga menentukan unggulan, yang akan diumumkan pada 23 November 2013. Sejak tahun lalu, FFI kembali menerapkan cara penjurian serupa. Berbeda dengan penjurian FFI 2011 yang membagi tugas penentuan unggulan pada Komite Unggulan dan penentuan pemenang oleh Dewan Juri.

Setelah tahun lalu digelar di Yogyakarta, FFI tahun ini direncanakan akan berlangsung di Semarang. Malam Anugerah Citra FFI 2013 akan diselenggarakan pada Sabtu, 7 Desember 2013 di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, dan akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi SCTV. Mengikuti tradisi, pengumuman pemenang Piala Vidia untuk Film Televisi akan berlangsung lebih dulu, yakni pada 27 November 2013 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

 

Dewan Juri Film Bioskop

Slamet Rahardjo Djarot (Ketua)

Tommy F Awuy (Sekretaris)

Didi Petet

Norman Benny

Armantono

Roy Lolang

Arswendo Atmowiloto

Hartanto

Remy Silado

 

Dewan Juri Film Pendek

Matius Ali (Ketua)

Clara Sinta (Sekretaris)

Agni Ariatama

John De Rantau

Kemala Atmojo

 

Dewan Juri Film Animasi Pendek

Gatot Prakosa (Ketua)

Bambang Gunawan Santoso (Sekretaris)

Deddy Syamsuddin

Adi Nugroho

Rachmat Rizal

 

Dewan Juri Film Dokumenter

Arthur S Natan (Ketua)

Lianto Luseno (Sekretaris)

Gerson A Ayawaila

Tjandra Wibowo

German G Mintapradja

 

Dewan Juri Film Televisi

Sys NS (Ketua)

Titien Wattimena (Sekretaris)

Yudi Datau

Dwiki Dharmawan

Sastha Sunu

Sonny Muchlison

Benny Setiawan

Komentar 1

Ferdi_Z
6 tahun yang lalu

Kalau Anugerah Film Indonesia (yang diselenggarakan Kemendikbud), ada kabar lanjutannya kah? Dengar-dengar mereka juga sudah menetapkan dewan juri ya?

Pemberian komentar tidak diakifkan.