Unduh buku Pandangan Umum Industri Film Indonesia 2019

Berita, Wednesday, 18 September 2019, Penulis: Redaksi FI

Buku Pandangan Umum Industri Film Indonesia 2019 dapat diunduh secara cuma-cuma, sebagai referensi perihal analisis tahunan industri film Indonesia. 

  • Keinginan Membuat Film Hiburan Jenis Lain

    Wawancara, Sunday, 26 December 2010, Penulis: JB Kristanto

    Menonton film terbaru Ami Prijono berjudul Kenangan Desember orang bisa terkesima. Lebih-lebih bila orang menyaksikan bagian awal penataan gambar, penataan cahaya, pemilihan warna yang semuanya rapi, yang berhasil menyajikan dan sekaligus menjanjikan suasana misterius.

  • Sepuluh Film Warkop, Letak Masalah pada Sutradara dan Skenario

    Kajian, Monday, 27 December 2010, Penulis: JB Kristanto, Marselli Sumarno

    Film-film Warkop Prambors rata-rata sukses secara komersial, meskipun tidak berarti jenis yang laku harus begitu. Rata-rata susunan cerita yang dibangun cukup sederhana, selain berkesan dangkal. Belum lagi soal daya akting yang memerlukan kemampuan khusus, mengingat sifat perekaman film yang terputus-putus.

  • Wajah Teguh Karya dalam Film Pertamanya

    Sosok, Monday, 08 November 2010, Penulis: JB Kristanto

    Film pertama Teguh Karya, Wajah Seorang Laki-Laki, dibuat tahun 1971. Jadi usianya sekarang sudah 27 tahun. Sebuah rentang yang cukup panjang. Dan selama 18 tahun berikutnya ia sudah membuat 13 film. Kalau hanya dilihat dari jumlah karya film, mungkin bisa dikatakan tidak terlampau banyak, meski juga tidak bisa dikatakan terlampau sedikit, karena dengan jumlah itu, berarti setiap tahun Teguh membuat tiga-perempat film.