Batas Produser dan Pemain untuk Marcella Zalianty

Sosok :: Penulis: Arie Kartikasari

Batas tercatat sebagai film pertama yang diproduseri oleh Marcella Zalianty. Di film ini Marcella memainkan karakter utama bernama Jaleshwari. Menjadi produser sekaligus pemain, Marcella berkomentar, "Kita harus bisa menempatkan diri pada tempat semestinya. Harus profesional. Saya berusaha menjaga wilayah kerja ketika menjadi pemain, juga saat menjadi produser. Saya juga membutuhkan tim produksi yang solid, atau bisa babak belur nanti, terutama untuk menghadapi masalah yang datangnya tidak terduga ."

Cerita pada film Batas berlokasi di daerah perbatasan Kalimantan dengan Malaysia. Marcella mengutarakan bahwa 90% lokasi syuting berada di pedalaman Kalimantan, sedangkan sisanya di Jakarta. Ia menjelaskan, "Film ini bukan hanya tentang kehidupan masyarakat di perbatasan saja, tetapi juga mencoba untuk memperlihatkan dan memberikan pemahaman lebih mengenai makna 'batas' dalam kehidupan sehar-hari kita." Dalam film, ide tersebut digabungkan dengan realita keterbatasan akses yang dialami oleh penduduk lokal. "Apabila diibaratkan sebuah rumah, perbatasan merupakan beranda terdepan," tambahnya.

Ketika ditanyakan apakah sudah ada rencana untuk menjadi produser lagi, Marcella menjawab, "Ada satu cerita yang sedang dikembangkan, tetapi di film tersebut saya menjadi executive producer, adik saya yang menjadi produsernya." Ia menjelaskan, "Saya memilih cerita yang memiliki value, terutama yang bisa berbicara tentang kebudayaan bangsa kita yang kaya, bersifat edukatif namun tetap menghibur. Saya sadar semua film akan tergantung dengan pasar penontonnya, tetapi apabila film seperti ini tidak diapresiasi, saya khawatir tidak akan ada warna lain pada film-film kita."

Pada hari pertama rilisnya film Batas, Marcella mengabarkan, "Gubernur Kalimantan Barat sudah memesan 100 seats, hari ini. Selain itu sudah ada 1000 voucher yang dipesan untuk acara menonton film Batas. Alhamdulillah midnight kemarin, (14 Mei 2011) bioskop di Pontianak penuh." Marcella juga menegaskan bahwa Batas merupakan film pertama yang mengangkat soal kehidupan suku Dayak ke layar lebar.

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.