Bulan Film Nasional 2012: Membaca Kembali Karya Sjuman Djaya

Berita :: Penulis: Adrian Jonathan Pasaribu

Yati Octavia dan WS Rendra dalam film Yang Muda Yang Bercinta (1976). (Foto: koleksi Sinematek)Forum Lenteng akan mengadakan program retrospeksi karya-karya Sjuman Djaya sepanjang Bulan Film Nasional 2012, 15-31 Maret. Ada enam film yang akan diputar dan didiskusikan: Si Mamad (1973), Atheis (1974), Si Doel Anak Modern (1976), Yang Muda Yang Bercinta (1976), Kabut Sutra Ungu (1979), dan Budak Nafsu (1983). Program ini terbuka untuk publik dan gratis. Jadwal lengkap pemutaran dan diskusi film bisa dilihat di web kedua venue Bulan Film Nasional 2012: Kineforum dan Subtitles.

Tahun lalu, Forum Lenteng mengadakan inisiatif serupa untuk karya-karya Usmar Ismail. “Yang dilakukan masih sama dengan tahun lalu: membongkar film adegan-per-adegan, dan coba membaca dari situ,” ujar Andang Kelana, salah satu pengurus Forum Lenteng, “Kami mengangkat karya-karya Sjuman Djaya sekarang, karena kami ingin mencari tahu posisi dia di sejarah sinema Indonesia. Kami juga mau mengangkat soal pengaruh montase Rusia dalam karya-karyanya, mengingat Sjuman Djaya dulu pernah sekolah di Moskow.”

Forum Lenteng sebenarnya ingin memutar semua film-film Sjuman Djaya. Karena keterbatasan materi film yang siap putar, niat tersebut urung dilaksanakan. Seusai program, Forum Lenteng akan mempublikasikan makalah untuk setiap film Sjuman Djaya, tidak terbatas pada film-film yang diputar selama Bulan Film Nasional. Rencananya, makalah-makalah tersebut akan dipublikasikan di Jurnal Footage dan web Kineforum.

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.