Dian Fitria Suci Ariska Sutradara Terbaik FFPI II

Berita :: Penulis: Arie Kartikasari

Dian Fitria Suci Ariska, peraih Sutradara Terbaik bersama Gotot Prakosa sebagai Perwakilan Dewan Juri Festival Film Pelajar II. Foto: dokumentasi Festival Film PelajarDian Fitria Suci Ariska terpilih sebagai Sutradara Terbaik (Unpredictable) Festival Film Pelajar Indonesia II yang diselenggarakan di Art Cinema, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ) 25-26 Juni 2011. Unpredictable sendiri mendapat gelar Terbaik II dalam kategori fiksi (live action).

Festival Film Pelajar Indonesia ini merupakan program tahunan dari Pusat Pengembangan Media Alternatif FFTV IKJ, yang bekerja sama dengan portal www.filmpelajar.com dan Yayasan Wahana Audio Visual Indonesia. Dari 153 karya yang terdaftar, 25 karya akhirnya dipilih tim seleksi untuk berkompetisi dalam lima kategori: fiksi (live action), fiksi (animation), dokumenter, iklan layanan masyarakat/PSA, dan video musik. Karya tersebut merupakan karya siswa SMA atau sederajat, yang berasal dari pulau Jawa.  

Selama dua hari penyelenggaraan, Festival Film Pelajar Indonesia memutar film-film yang berkompetisi dan film-film karya mahasiswa FFTV IKJ. Selain pemutaran, festival juga diisi dengan beragam workshop, mulai dari Klinik Film Pendek, Klinik Film Animasi dan pembuatan film dengan menggunakan kamera DLSR. Festival ditutup dengan pembacaan daftar pemenang. Bagi pemenang Sutradara Terbaik, panitia memberikan hadiah beasiswa studi film S1 selama empat tahun di FFTV IKJ.

Perwakilan Dewan Juri FFPI, Gotot Prakosa, memberikan beberapa catatan terhadap karya yang berkompetisi. Ia menjelaskan bahwa setiap karya sudah memiliki karakter yang khas dan berisi keunikan lokal. Ia juga berharap agar karya-karya tersebut dapat berkompetisi di tingkat internasional, setidaknya Asia. Ia optimis hal tersebut dapat terealisasi, apabila para pelajar dapat belajar lebih serius lagi dan memperkaya referensi filmnya.

Daftar pemenang Festival Film Pelajar Indonesia II adalah:

1. Kategori Fiksi (live action)

    Judul: Piring Kayu

    Sutradara: Fitriana Lestari, SMKN 1 Sukabumi, Jawa Barat

2. Kategori Fiksi (animation)

   Judul: Hayu Hejo Indonesia

   Sutradara: M. Sobri, SMKN 1 Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat

3. Kategori Dokumenter

   Judul: Di Balik Ladang Nisan

   Sutradara: Dita Ludvita Sari, SMKN 3 Batu, Jawa Timur

4. Kategori Iklan Layanan Masyarakat/PSA

   Judul: Hijaukan Bumiku

   Sutradara: Dewi Kunti, SMKN 1 Klaten, Jawa Tengah

5. Kategori Video Musik

   Judul: Vespa Tua

   Sutradara: Eva Ulfiagi, SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat

6. Sutradara Terbaik

    Dian Fitria Suci Ariska, SMKN 1 Surabaya, Jawa Timur

Komentar 1

Adam
8 tahun yang lalu

teruslah berkarya para cineas muda yang kreatif

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.