Dokumenter Indonesia di IDFF 2012

Berita :: Penulis: Adrian Jonathan Pasaribu

IDFF 2012 di Erasmus HuisInternational Documentary Film Festival (IDFF) kembali diadakan di Indonesia. Tahun lalu, atas kerja sama School for Broadcast Media dan Erasmus Huis, edisi pertama IDFF sukses diselenggarakan di Erasmus Huis, Jakarta. Edisi kedua akan berlangsung di lokasi yang sama, 25-29 September 2012. Fokus IDFF tahun ini adalah pangan. Globalisasi produksi pangan membawa dampak tersendiri bagi petani maupun konsumen di berbagai penjuru dunia. Film-film IDFF ditujukan untuk mengangkat isu ini dari segi kultural maupun ekonomi-politik.

Ada 37 film yang akan ditayangkan selama empat hari festival. Tujuh belas di antaranya merupakan dokumenter internasional yang sudah keliling di jaringan festival film dunia. Salah dua di antaranya adalah Undefeated, dokumenter terbaik Academy Award tahun 2011, dan Marley, biografi Bob Marley yang mendapat apresiasi positif di Berlinale 2012.

Dua puluh film lainnya dokumenter karya anak negeri, yang terbagi dalam kategori Umum dan Pelajar. Dari sepuluh film yang masuk kategori Umum, film-film yang diunggulkan untuk SBM Golden Lens Award adalah Donor Asi (Ani Ema Susanti), Jakarta Ketuk Pintu! (Ucu Agustin), Payung Hitam (Chairun Nissa), Permata di Tengah Danau (Andi Hutagalung), dan Setengah Gerobak (Amrul Hakim. Dari sepuluh film yang masuk kategori Pelajar, film-film yang diunggulkan untuk SBM Golden Lens Award adalah Epic Java (Febian Nurrahman, ITB), Pendaki Gerbong Kaleng (Rinno Fahbiyan Noor, UI), Sarjana Aspal  (Deirdre Tenawin, UMN), Seeing Jesus in Javanese Face (Antonius Janu Haryono, ISIY), dan Show Must Go On (Pria Adi Syaputra & Diyah Verakhandi, UI).

Sebagai rangkaian acara, IDFF turut mengadakan program pelatihan dokumenter berjudul Getting out of the Box. Pesertanya adalah dua puluh sineas lokal yang lolos seleksi IDFF. Pelatihan akan diadakan dari 17-29 September, dan hasil pelatihan akan ditayangkan di malam penganugerahan pada tanggal 29 September di Erasmus Huis.

Informasi selengkapnya perihal IDFF dapat diakses melaui situs resmi mereka. Jadwal mereka dapat diunduh melalui link ini.

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.