Dua film Indonesia Menang dalam ChopShots 2012

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Chop Shots FestivalDua film Indonesia menang dalam dua kategori kompetisi Festival Film Dokumenter se-Asia Tenggara ChopShots 2012. Film Bukit Bernyawa (The Hills are Alive) karya Steve Pillar Setiabudi (2011) memenangkan kategori Best SEA Short Documentary dan hadiah sebesar € 3,000. Sedangkan Denok & Gareng karya Dwi Sujanti Nugraheni (2012), meraih 2nd Best International Documentary dan hadiah sebesar € 2,000. Penghargaan tersebut diberikan pada penutupan Festival Film ChopShots yang berlangsung Minggu, 9 Desember 2012 pukul 19.30 di Goethe Haus, Jakarta.

Bukit Bernyawa dianggap layak menang dalam kategori tersebut karena visualnya yang puitis dalam menggambarkan kesengsaraan, tetapi tetap berhasil menangkap kekuatan dan harapan dari komunitas. Film ini juga menunjukkan gambaran besar tentang penerimaan manusia atas kehilangan maupun mendapatkan. Hal ini diutarakan Riri Riza sebagai dewan juri, mewakili dua juri lainnya yaitu John Badalu dan Christine Hille dari DOK Leipzig, Jerman. Film berdurasi 15 menit ini bercerita tentang kehidupan keluarga di Desa Srunen ketika erupsi Gunung Merapi terjadi pada 2010. Film ini berkompetisi dengan 20 film dokumenter pendek lainnya.

Denok & Gareng, yang juga menjadi salah satu sorotan festival ini, dipilih sebagai pemenang kategori tersebut karena film ini berhasil menarik penonton untuk mengikuti perjalanan emosional ke dalam dunia sang protagonis melalui penggunaan struktur dan perangkat bercerita yang luas. Penonton dapat menjadi saksi tantangan hidup Denok dan Gareng sehari-hari, sehingga film ini dapat memberikan bahan pemikiran tentang isu universal seperti ikatan keluarga, pendidikan, dan tanggung jawab untuk masa depan generasi yang lebih muda. Pernyataan tersebut disampaikan Enrique Sánchez Lansch (Jerman), mewakili juri lain yang terdiri dari Ayu Utami, Garin Nugroho, Khavn de la Cruz (Filipina), dan Pimpaka Towira (Thailand). Festival ini juga menjadi ajang pemutaran perdana film tersebut di Indonesia setelah sebelumnya berkompetisi di International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) untuk kategori Competition for First Appearance.

Pada awalnya, direncanakan hanya satu pemenang untuk Best International Documentary dengan hadiah sebesar € 5,000. Namun, juri memutuskan dua pemenang untuk kompetisi internasional. Best International Documentary dimenangkan Char… the No Man's Island, karya Sourav Sarangi (India) dengan hadiah sebesar € 3,000 dan 2nd Best International Documentary diraih Denok & Gareng dengan hadiah sebesar € 2,000. Dalam kompetisi ini, tidak hanya film-film dari Asia Tenggara yang berkompetisi, tetapi juga dari negara Asia lain dan beberapa negara dari Eropa.

Film pilihan penonton yang memenangkan Audience Award, jatuh kepada film The Cheer Ambassadors yang disutradarai Luke Cassady-Dorion dari Thailand. Pemenang mendapat hadiah sebesar € 500. Kemudian, Ditsi Carolino dari Filipina, mendapatkan proyek terbaik pada pitching forum DocNet Campus untuk proyek filmnya berjudul A Land to Till dan hadiah berupa travelling grant. Juri untuk pitching forum ini terdiri dari Tjandra Wibowo, Jane Yu (Taiwan), dan Christine Hille (Jerman). Pemenang program DocClinic: The Memory Collector oleh Yuli Andari (Yogyakarta, Indonesia), Holding Hopes oleh Dewi Yanti (Palu, Indonesia), Shall I Accept oleh Ariani Djalal (Jakarta, Indonesia).

Semua film pemenang kompetisi direncanakan akan diputar ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Kamboja Filipina, Myanmar, dalam program yang disebut ChopShots Travel Fest. ChopShots dihadiri 2081 penonton selama lima hari festival berlangsung.

Daftar Pemenang Kompetisi Festival Film Dokumenter ChopShots 2012

Best International Documentary
CHAR… the no man's island (Sourav Sarangi, India)
2nd Best International Documentary
Denok & Gareng (DS Nugraheni, Indonesia)
Jury Special Mention
Blush of Fruit (Jakeb Anhvu, Australia, Vietnam)
Tondo, Beloved: To What Are the Poor Born? (Jewel Maranan, Filipina)
Best SEA Short Documentary
The Hills are Alive (Steve Pillar Setiabudi, Indonesia)
2nd Best SEA Short Documentary
The Social Game (Seng Mai, Myanmar)
Audience Award
The Cheer Ambassadors (Luke Cassady-Dorion)
Best Project DocNet Campus
A Land to Till (Ditsi Carolino, Filipina)

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.