Dua Film Indonesia Raih Penghargaan di BIFF 2013

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Poster film A Lady Caddy Who Never Saw a Hole in OneDua film Indonesia meraih penghargaan di Busan International Film Festival (BIFF) 2013. Film pendek A Lady Caddy Who Never Saw a Hole in One karya Yosep Anggi Noen, mendapat Sonje Award untuk film Asia. Sedangkan, dokumenter Jalanan (“Streetside”) karya Daniel Ziv menyabet BIFF Mecenat Award untuk film Asia. Pengumuman ini berlangsung Sabtu 12 Oktober 2013 di Busan, Korea Selatan, sekaligus menandai berakhirnya edisi ke-18 festival tersebut.

Dalam laporan akhir BIFF 2013, disebutkan bahwa juri menilai film A Lady Caddy Who Never Saw a Hole in One sebagai film yang mengesankan karena keaslian sutradara dalam mengangkat persoalan politik melalui cerita yang unik tetapi sederhana, yakni tentang cinta dan golf. Sedangkan Jalanan (“Streetside”) dinilai juri berhasil atas cara pandang yang manusiawi terhadap sistem kelas di Indonesia, yang diceritakan melalui karakter-karakternya yang hangat, tanpa harus menjadi sentimental. Kemenangan ini adalah pertama kalinya untuk film Indonesia selama 18 tahun sejarah festival film di Busan.

Selain program kompetisi, proyek film Edwin berjudul Exotic Pictures, yang merupakan kolaborasi Indonesia, Belanda, dan Jerman, berhasil mendapatkan ARTE International Prize. Exotic Pictures mendapat  dukungan dana sebesar 6.000 euro dari Arte France, setelah bersaing dalam ajang Asian Project Market (APM). Proyek tersebut merupakan salah satu dari sembilan yang telah terpilih sebagai penerima dukungan. Pengumuman penghargaan APM berlangsung pada Kamis, 10 Oktober 2013.

Sedangkan dalam seksi New Currents, dimana film Toilet Blues karya Dirmawan Hatta berkompetisi, film Pascha dari Ahn Seonkyoung (Korea) dan Remote Control dari Byamba Sakhya (Mongolia/Jerman) keluar sebagai pemenang.

Film A Lady Caddy Who Never Saw a Hole in One direncanakan tayang perdana di Indonesia dalam rangkaian Jogja-NETPAC Asian Film Festival Desember mendatang. Sedangkan film Jalanan (“Streetside”) telah tayang perdana di Indonesia dalam acara Ubud Writers & Readers Festival, Bali, pada 14 Oktober 2013. Rencananya, film tersebut akan tayang di bioskop Indonesia awal 2014.

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.