FFI 2011: Pengumuman Dewan Juri Film Bioskop

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Festival Film Indonesia 2011Totot Indrarto, Ketua Bidang Penjurian Film Bioskop FFI 2011, mengumumkan Dewan Juri Film Bioskop FFI 2011, yang terdiri dari tiga anggota Komite Nominasi dan empat anggota baru, pada konferensi pers di The Cone, FX Lifestyle Centre, Jakarta 30 November 2011. Anggota dewan juri tersebut: Hikmat Darmawan (Ketua merangkap anggota), Agung Sentausa, Djenar Maesa Ayu, Hilmar Farid, Mouly Surya, Nirwan A. Arsuka, dan Zeke Khaseli. Agung, Djenar, dan Zeke adalah tiga nama dari Komite Nominasi sedangkan empat nama lain dipilih dari luar Komite Nominasi. Para juri akan memilih Nominasi Film Terbaik yang akan diumumkan sebelum tanggal 10 Desember dan seluruh pemenang kategori Piala Citra pada Malam Anugerah Piala Citra FFI 2011 di Hall D Kemayoran, Sabtu, 10 Desember 2011 pukul 21.30 dan disiarkan langsung dari RCTI.

Komposisi para juri tidak hanya dari kalangan praktisi film, tetapi juga budayawan dan pengamat film. "FFI kan niat awalnya sebagai evaluasi setahun film Indonesia sekaligus sebagai benchmark. Jika pasar punya pengaruh menentukan film yang laku di pasaran, festival juga mempengaruhi dan mengimbangi sebagai politik estetikanya." Menurut Totot, para juri film bioskop kali ini bisa mengurangi gap generasi dan mengajak kembali pihak-pihak yang selama ini mungkin merasa FFI bukan punya mereka. "Kami melihat ada rekonsiliasi di antara anak muda. Jadi, lewat para juri ini, ada upaya menyamakan frekuensi dan perspektif, karena (generasi) yang menilai sama dengan yang membuat. Kami tawarkan tempat, penjurian diberikan ke mereka." Beberapa nama tampak tidak familiar, tapi bagi Totot mereka terpilih karena kapabilitasnya.

Hikmat Darmawan adalah seorang pengamat film dan budaya populer, yang juga redaktur situs www.rumahfilm.org. Nirwan A. Arsuka adalah budayawan muda dan pernah menjadi kurator Bentara Budaya Jakarta. Hilman Farid adalah intelektual-aktivis yang menyelesaikan studi S3 Cultural Studies di National University of Singapore. Agung Sentausa adalah sutradara film Garasi dan Badai di Ujung Negeri, sedangkan Mouly Surya adalah sutradara Fiksi dan pernah memenangkan Piala Citra Penulis Skenario Asli Terbaik dan Sutradara Terbaik FFI 2008. Djenar Maesa Ayu adalah seorang penulis dan pemenang Piala Citra Penulis Skenario Terbaik dan Sutradara Pendatang Baru Terbaik FFI 2011, serta Zeke Khaseli adalah pemusik dan pemenang Piala Citra Penata Musik FFI 2008.

Pilihan-pilihan ini merupakan usaha yang tidak lepas dari risiko. "Perlu dicoba agar kita bisa tahu. Jika seandainya ada yang salah, ya kita perbaiki setelah evaluasi. Intinya FFI terbuka terhadap berbagai masukan."

Untuk Malam Anugerah Piala Vidia 2011 pada tanggal 6 Desember nanti, acara akan diisi oleh Geisha, Armada, 7 Icons, Afgan, dan Citra Idol. Sedangkan pada Malam Anugerah Piala Citra FFI 2011, pengisi acaranya antara lain, Syahrini, Ungu, 3G, dan Vicky Zho.

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.