FFI 2011: Safari Lima Kota

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Logo resmi Festival Film Indonesia 2011Festival Film Indonesia (FFI) 2011 menggelar Safari FFI berupa pemutaran dan diskusi ke lima kota: Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Bandung. Kegiatan ini berlangsung secara simultan sejak tanggal 15 November sampai 23 November 2011. Film-film yang diputar berupa karya peserta kompetisi film bioskop, pendek, dan dokumenter lalu dilanjutkan diskusi dengan pembicara. Kegiatan ini tidak hanya berupa sosialisasi, tetapi juga upaya panitia agar FFI 2011 menjadi agenda seluruh rakyat Indonesia, terkait tagline yang diusung tahun ini: "Perbaikan Membutuhkan Perubahan".

Agar  lebih dekat dengan publik, FFI bekerja sama dengan komunitas film, kampus, maupun gedung kesenian di masing-masing kota. Para mitra ini bertanggung jawab terhadap persiapan dan pelaksanaan Safari FFI.

Contohnya seperti yang berlangsung di Yogyakarta. Panitia FFI menghubungi pihak Audio Visual Komunikasi (AVIKOM) UPN Veteran Yogyakarta. Dengan persiapan selama dua minggu, mereka memutarkan film Metamorfoblus dari kompetisi film dokumenter, Badai di Ujung Negeri dari kompetisi film bioskop, dan Wrong Day dari kompetisi film pendek. "Antusiasme peserta atau penonton cukup lumayan. Terlihat dari banyaknya penonton yang datang," ujar Nunik Hariyanti, salah satu panitia dari AVIKOM. "Acara ini sangat baik karena mempunyai pesan perubahan yang lebih baik di tubuh FFI. Selain itu, acara ini adalah cara untuk menumbuhkan semangat berkarya para sineas terutama komunitas-komunitas film yang sedang berkembang. Sepertinya acara seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan agar bisa menjadi lebih baik ke depannya," tambahnya lagi.

Sementara itu Safari FFI kompetisi film televisi diadakan pada tanggal 20 November 2011 di FX Mall, Jakarta. Kegiatan akan diisi dengan jumpa fans dan lomba akting bagi anak dan remaja.

Jadwal Safari FFI

Surabaya

15-16 November 2011 di Ruang Sinema Perpustakaan, Kampus B Universitas Airlangga.

Pembicara: Kamila Andini (Sutradara Mirror Never Lies)

Yogyakarta

15 November 2011 di Ruang Seminar Gedung Agus Salim, FISIP, UPN Veteran Yogyakarta.

Pembicara: Ursula Tumiwa (Produser Metamorfoblus)

Solo

17 November 2011 di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah

Pembicara: Krisnadi Yuliawan (Pemimpin Redaksi RumahFilm.org)

Malang

18 November 2011 di RM Sringin Asri dan di bekas Bioskop Kelud

Pembicara: Hanung Bramantyo (Sutradara Tanda Tanya)

Bandung

23 November 2011 di Bale Rumawat, Universitas Padjajaran.

Pembicara: Putrama Tuta (Sutradara Catatan Harian Si Boy

Rangkaian Kegiatan FFI 2011

Setelah terjadi kesepakatan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah provinsi Kalimantan Timur dan RCTI sebagai saluran televisi resmi, dipastikan rangkaian kegiatan FFI 2011 adalah sebagai berikut:

  • Pengumuman Nominasi Piala Citra dan Piala Vidia: 27 November 2011 di Jakarta
  • Pengumuman Anugerah Piala Vidia: 6 Desember 2011 di Kalimantan Timur
  • Pengumuman Anugerah Piala Citra: 10 Desember 2011 di Jakarta

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.