Pemenang XXI Short Film Festival Diputar di Cinema 21

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Konferensi pers penayangan film pendek pemenang XXI Short Film Festival 2012Pemenang-pemenang XXI Short Film Festival akan ditayangkan pada beberapa bioskop jaringan Cinema 21. Enam film akan diputar dalam satu kompilasi berdurasi sekitar 1 jam 45 menit mulai tanggal 4 Juli 2013 di tujuh wilayah Indonesia.

Film-film yang diputar adalah Wan An (Yandy Laurens), Jadi Jagoan Ala Ahok (Alm. Chandra Tanzil & Amelia Hapsari), Honey, I’m Home (Dosy Omar), Keripik Sukun Mbok Darmi (Heri Kurniawan), Moriendo (Andrey Pratama), dan Salah Gaul (Abdul Razzaq dan Sahree Ramadhan). Film-film tersebut merupakan film terbaik pilihan Juri dan Media tiap kategori (fiksi, dokumenter, animasi), film favorit, dan special mention.

Berbeda dengan festivalnya, penayangan kompilasi film pemenang ini dikenakan biaya tiket sebesar Rp15.000,- “Kami menjual tiket dengan harga tersebut dengan pertimbangan agar lebih banyak orang bisa menjangkau. Saya pikir, kalau filmnya memang baik, membayar tiket adalah salah satu cara untuk mengapresiasi.” ujar Catherine Keng, Direktur Festival yang juga Corporate Secretary Cinema 21, saat konferensi pers di XXI Lounge Kota Kasablanka, Kamis, 27 Juni 2013. Layaknya film-film Indonesia yang diputar di Cinema 21, 50% dari hasil penjualan tiket tersebut (setelah dipotong pajak) dibagi kepada pembuat film. Untuk pemutaran kompilasi ini, hasil tadi akan dibagi lagi ke masing-masing enam film pemenang.

Bioskop-bioskop yang akan memutar kompilasi ini secara serentak adalah TIM XXI, Hollywood XXI, Blok M Square, Alam Sutera XXI, dan Mega Bekasi XXI untuk wilayah Jabodetabek.  Wilayah lain: TSM XXI (Bandung), Empire XXI (Yogyakarta), Ciputra World XXI (Surabaya), Hermes XXI (Medan), Studio XXI (Banjarmasin), dan Panakukkang XXI (Makassar). Selain diputar di jaringan bioskop Cinema 21, film-film pemenang juga direncanakan akan dirilis bentuk home video lainnya, bekerja sama dengan Ezy Mata.

Rencananya, XXI Short Film Festival akan menggelar edisi kedua pada Maret 2014. Pembukaan pendaftaran mulai akhir Agustus 2013. Informasi lengkap bisa diakses di situs resmi XXI Short Film Festival..

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.