Film Unggulan dan Pemenang Jambore Film Pendek 2012

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Film Book karya Erric DJ dan Mursy Darmawan dari Vice Versa Cinema, Tangerang, terpilih menjadi pemenang penghargaan Film Pendek Terbaik pada Jambore Film Pendek 2012. Pengumuman penghargaan tersebut menjadi acara puncak malam penutupan yang berlangsung pada Minggu, 25 November 2012 pukul 20.00 di Graha Wisata, Bumi Perkemahan Cibubur.

Sedangkan penghargaan Cerita Film Pendek Terbaik jatuh kepada film Cuma 5 Ribu karya Yusuf Radjamuda dari Kafe Ujung, Palu dan Poster Film Pendek Terbaik diraih oleh Teru Teru Bozu karya Dimec Tirta Fananta dari LOL Production, Semarang. Di luar kategori penghargaan yang ada, dewan juri yang terdiri dari Kusen Doni Hermansyah, Aria Kusumadewa, dan BE Raisuli, memilih  film Langka Receh karya Miftahakatun dan Eka Susilawati dari Sawah Artha Film, Purbalingga sebagai pemenang penghargaan khusus Dewan Juri. Para pemenang ini dipilih dari 25 film yang lolos seleksi untuk berkompetisi.

Penghargaan Khusus Dewan Juri baru ini diputuskan sehari menjelang pengumuman karena juri menilai gagasan film Langka Receh luar biasa. Apalagi sutradaranya masih pelajar kelas 9. Film berdurasi lima menit itu bercerita mengenai anak sekolah yang pengembalian uang belanjanya di warung sering diganti permen. Permen-permen itu kemudian ditabung dan digunakan buat membeli buku, tapi tentu saja ditolak oleh pemilik warung. Padahal ia berasal dari keluarga tidak mampu yang mesti menulis catatan pelajaran dengan huruf berukuran kecil buat menghemat kertas buku.

Semua pemenang mendapat hadiah komputer jinjing, kecuali pemenang film pendek terbaik yang mendapat kamera Nikon 5D.

“Film pendek itu bukan kependekan dari film panjang. Dalam film pendek, harus ada karakternya sehingga menumbuhkan wacana yang dinamik,” jelas Aria Kusumadewa, salah satu juri yang juga Ketua Penyelenggara Jambore Film Pendek 2012. Pandangan ini bisa ditafisrkan sebagai salah satu dasar penilaian.

Ada 125 peserta jambore berasal dari 25 komunitas yang 25 filmnya lolos seleksi untuk mengikuti kompetisi. Sisanya mewakili 25 komunitas lain yang diundang hanya untuk mengikuti pelatihan, diskusi, bursa film, dan acara jambore lainnya.

Selain pengumuman pemenang ada pula penampilan Tony-Q Rastafara dan G-Pluck Beatles band.

 

Daftar lengkap unggulan Jambore Film Pendek 2012:

Unggulan Poster Film Pendek Terbaik

Kausa (Hery Purwana, Malang)

Chika (Askatriada, Denpasar)

The Tree Story (Nur Fadilah H, Makassar)

Aneurisma Serebal (Dienan Silmy, Bandung)

Kalau Saja (Ade Dae Matolese, Yogyakarta)

Teru Teru Bozu (Dimec Tirta Fananta, Semarang)

 

Unggulan Cerita Film Pendek Terbaik

Penumpang Kartu Nama (Yudi Leo, Padang)

Cuma 5 Ribu (Yusuf Radjamuda, Palu)

Titip Do’a (Faris Fadhillah dan Ma’ruf, Banjarnegara)

Let Me Introduce Myself to You (Gita Galantari, Jakarta)

Yuki (Citra Melati, Malang)

Teru Teru Bozu (Dimec Tirta Fananta, Semarang)

 

Unggulan Film Pendek Terbaik

Yuki (Citra Melati, Malang)

Book (Erric DJ dan Mursy Darmawan, Tangerang)

Teru Teru Bozu (Dimec Tirta Fananta, Semarang)

Cuma 5 Ribu (Yusuf Radjamuda, Palu)

Penumpang Kartu Nama (Yudi Leo, Padang)

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.