KidsFfest untuk Anak-Anak dan Remaja

Berita :: Penulis: Arie Kartikasari

Yayasan Kalyana Shira,  didukung Paddle Pop sebagai sponsor utama, menyelanggarakan Kids Film Festival Indonesia 2011 (KidsFfest). Festival film ini memberikan kesempatan bagi anak-anak dan remaja, usia 6 sampai dengan 15 tahun untuk menonton film anak-anak dari berbagai negara. Diharapkan, festival juga menginspirasi munculnya diskusi mengenai keragaman budaya. Festival yang memasuki tahun ketiga ini, akan berlangsung pada 22-24, 29-30 April dan 1 Mei 2011.

Pemutaran film dari Belanda, Jerman, Norwegia, Denmark, Polandia, dan Swedia,  India, Jepang, dan tentunya dari Indonesia sendiri, seluruhnya akan berlangsung di Mall Pacific Place. Selain pemutaran di Blitzmegaplex, pengunjung festival juga dapat menonton film dengan sistem layar tancap di area Lobi Selatan, Lantai Dasar. Selain pemutaran, area layar tancap juga akan dilengkapi dengan arena bermain anak-anak, Paddle Pop Playground.

Selain pemutaran film, beragam jenis workshop juga dapat diikuti oleh anak-anak usia SD dan SMP. Salah satunya adalah workshop pembuatan subtitel yang diadakan di beberapa sekolah, seperti:  SD Kupu-Kupu, SMP Islam Al Ikhlas, SMP Islam Tugasku, dan SMP PSKD Mandiri. Selain itu juga ada workshop dubbing film animasi Paddle Pop. Hasil workshop pembuatan film yang dikompetisikan dapat dilihat hasilnya pada saat festival berlangsung. Selain itu juga ada program pemilihan juri belia yang nantinya akan menilai beberapa film untuk mendapat penghargaan.

Hasil karya empat finalis kompetisi film pendek akan diputar pada saat festival berlangsung di Layar Tancap, Lobi Selatan, Lantai Dasar Pacific Place Mall.

Berikut finalisnya:

1. Imamku Tidak Istimewa? oleh Fernandes Handika

2. Liontin Aira oleh Uun Nur Rachmawati

3. Nguri-uri Budoyo oleh  Naomi Imantaka

4. Forgotten at the first, unforgotten at the end oleh Adrila Putri Akbar

 

Selama festival, Dewan Juri Belia akan memilih satu film terbaik untuk mendapatkan KidsFfest’s Award. Lima film yang akan dinilai oleh mereka adalah Here Comes Lola (Jerman), Magic Feather (India), Karla and Katrine (Denmark), Tanah Air Beta (Indonesia), Kung Fu Kid (Jepang).

Dewan Juri Belia terdiri dari 3 siswa terpilih yakni:

1. Chaerannisa Clarissa Maulidza, 12 tahun, SD Kupu Kupu

2. Bima Anggara, 14 tahun, SMP Global Prestasi

3. Fatima Andina Azzahra, 12 tahun, SMP Islam Tugasku

Para penonton anak-anak pun dapat memilih film favorit mereka yang nantinya akan mendapatkan penghargaan KidsFfest Audience Award.

Untuk keterangan acara dan jadwal lengkap, kunjungi website resmi KidsFfest Indonesia 2011 di www.kidsffest.org

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.