Lewat Djam Malam Diselamatkan: Unduh Buku dan Video

Berita :: Penulis: Adrian Jonathan Pasaribu

Sampul buku Lewat Djam Malam Diselamatkan. (Foto: FI)Bersamaan dengan peluncuran hasil restorasi film Lewat Djam Malam 18 Juni 2012 kemarin, terbit pula buku Lewat Djam Malam Diselamatkan, sebagai referensi perihal karya Usmar Ismail tahun 1954 tersebut serta proses restorasinya. Buku ini kini tersedia online dan bisa diunduh gratis.

Buku Lewat Djam Malam Diselamatkan terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama merinci kenapa restorasi film ini harus dilakukan dan bagaimana proyek ini dieksekusi melalui kerja sama berbagai institusi lintas negara. Bagian kedua bicara tentang film Lewat Djam Malam itu sendiri. Ada satu tulisan yang menjelaskan posisi Usmar Ismail dalam perfilman Indonesia, wawancara Misbach Jusa Biran tentang film Lewat Djam Malam dan proses penciptaannya, serta resensi dari dua penonton generasi sekarang. Bagian ketiga menjelaskan tentang kondisi film di arsip Sinematek sekarang dan bagaimana publik bisa terlibat membantu Sinematek ke depannya melalui program Sahabat Sinematek.

Selain buku, publik juga bisa mengakses video singkat yang membandingkan kualitas gambar Lewat Djam Malam sebelum dan sesudah direstorasi. Berikut adalah link untuk mengunduh buku dan mengakses video:

 

Buku Lewat Djam Malam Diselamatkan (PDF, 2.92MB) - klik di sini

Video restorasi Lewat Djam Malam - klik di sini

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.