Naga Yang Berjalan di Atas Air: Dokumenter Panjang Kedua Forum Lenteng

Berita :: Penulis: Amalia Sekarjati

Poster film Naga yang Berjalan di Atas Air. (Foto: Forum Lenteng)Film Naga Yang Berjalan di Atas Air, produksi dokumenter panjang kedua Forum Lenteng­, akan tayang perdana pada Sabtu, 12 Mei 2012 di Studio I TIM XXI, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Pemutaran film yang merupakan produksi bersama Forum Lenteng dengan Komunitas Djuanda, Tangerang Selatan, akan mulai pukul 10.00, terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya.

Film berdurasi 115 menit ini mengisahkan cerita kecil dari perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor: Kang Sui Liong, penjaga kuil, bersama istri dan anak-anaknya. Kang Sui Liong menjadi saksi kejayaan kaum Cina Benteng yang hidup dari hilir di Tangerang ke hulu di Bogor, hingga proses asimilasi menghitamkan kulit mereka. Di kala hari telah senja, Kang Sui Liong duduk termangu di persimpangan jalan, bertanya pada dirinya sendiri, akan di bawa kemana tradisi warisan leluhur ini kelak.

Produksi film ini merupakan bagian dari program monitoring-upgrading akumassa, di mana Komunitas Djuanda merupakan salah satu dari 10 jaringan komunitas  dampingan akumassa. akumassa sendiri adalah program peningkatan kapasitas komunitas melalui pendidikan media sebagai bagian dari pengembangan diri dan masyarakat sekitar yang digagas Forum Lenteng. Sedangkan Komunitas Djuanda didirikan oleh mahasiswa komunikasi/jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 17 Oktober 2009.

Proses pengambilan gambar film ini dimulai pada November 2011 sampai Februari 2012, dilanjutkan tahap penyuntingan pada Maret 2012 sampai akhirnya rilis pada Mei ini. Bertindak sebagai sutradara/penulis naskah film ini adalah Otty Widasari, Ray Sangga Kusuma sebagai Asisten Sutradara dan pengarah kamera Syaiful Anwar dibantu Choiril Chodri dan Mufti Al Umam sebagai Asisten Kamera. Ide Cerita datang dari Renal Rinoza Kasturi yang juga bertindak sebagai periset. Sedangkan penyuntingan dilakukan Chioril Chodri dan Mufti Al Umam, yang didampingi secara intensif oleh Hafiz Rancajale. Untuk promosi dan publikasi dilakukan Forum Lenteng, akumassa, dan Komunitas Djuanda bersama-sama.

Sebelumnya, lewat program yang sama, Forum Lenteng telah memproduksi Dongeng Rangkas bersama dengan Saidjah Forum, salah satu komunitas di Rangkasbitung, Lebak, Banten. Film tersebut telah mendapat penghargaan sebagai Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Dokumenter (FFD) 2011 Yogyakarta pada Desember 2011, special screening di 3rd DMZ-Docs Korean International Documentary Festival pada September 2011, dan terpilih sebagai unggulan di CPH:DOX 2011 Copenhagen, Denmark pada November 2011.

Informasi lengkap tentang film Naga Yang Berjalan di Atas Air bisa dilihat di situs resmi film tersebut dan cerita proses pembuatan film tersebut di situs akumassa 

Naga Yang Berjalan di Atas Air | 2012 | Durasi: 115 menit | Produksi: Forum Lenteng, akumassa, Komunitas Djuanda | Produser: Hafiz Rancajale | Sutradara: Otty Widasari dan Komunitas Djuanda, Tangerang Selatan

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.