Pesta Film Asia Tenggara di Kampus Binus International

Berita :: Penulis: Arie Kartikasari

Departemen Film, Sekolah Media dan Komunikasi, Binus International menyelenggarakan ASEAN Film Party: A Glance of Southeast Asian Cinema and Pop Culture yang diisi oleh pemutaran film dan diskusi untuk umum membahas film dan budaya pop di negara-negara Asia Tenggara. Salah satu acara yang berlangsung 30 Januari - 1 Februari 2012 di kampus Binus International, adalah pemutaran film Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina: Talentima (Yasmin Ahmad, 2009), Iron Ladies (Yongyoot Thongkongtoon, 2000), I Not Stupid (Jack Neo, 2001), dan Jay (Francis Xavier Pasion, 2008).

"Sebenarnya ini program reguler yang dilaksanakan oleh kineklub di kampus ini. Kebetulan dalam kesempatan kali ini pemutaran dan diskusinya khusus film-film Asia Tenggara, karena sedikit sekali exposure terhadap film-film wilayah ini," jelas Tito Imanda, Kepala Departemen Film. Ia juga menjelaskan, "Untuk hari terakhir, kami akan mengadakan kuliah terbuka dengan dua tamu, yaitu: Tilman Baumgartel dari Kamboja dan Jag Garcia dari Filipina."

Tilman Baumgartel adalah pengajar dari Department of Media and Communication, Royal University of Phnom Penh, Kamboja. Baumgartel juga editor untuk buku Southeast Asian Independent Cinema, yang berisi kumpulan esai, dokumen, dan hasil wawancara dari para penulis kritik dan pembuat film di Asia Tenggara. Sedangkan Jag Garcia adalah pengajar pada Digital Filmmaking program, De La Salle College of Saint Benilde School of Design and Arts, Manila. Kuliah terbuka Tilman Baumgartel mengambil tema "Cambodian Cinema and Pop Culture", akan berlangsung pada 16.00-17.00 WIB. Sebelumnya, diputar film yang direkomendasikan oleh Baumgartel pada pukul 13.00-15.00. Sedangkan kuliah terbuka Jag Garcia dengan judul "Philippine Cinema and Pop Culture", akan berlangsung pada pukul 17.00-18.00 WIB. Sedangkan pada pukul 18.00-19.00 WIB akan berlangsung diskusi "ASEAN Cinema and Pop Culture: Focus on Philippine and Cambodia".

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.