Sejarah Adalah Sekarang 5: Film Indonesia untuk Semua

Berita :: Penulis: Arie Kartikasari

Film Perempuan Kedua, menjadi film pertama yang diputar pada pembukaan program Kineforum, Sejarah Adalah Sekarang 5, tanggal 1 Maret . Sejak lima tahun lalu, di bulan Maret, yang dikenal sebagai Bulan Film Nasional, Kineforum mengajak penonton untuk mengapresiasi kembali film-film yang pernah ada dalam rentang sejarah film di Indonesia. Memiliki program dengan tema beragam, Kineforum seolah memberikan pernyataan bahwa film Indonesia bukan hanya bisa dinikmati, tetapi juga dijadikan upaya pemaknaan terhadap ‘masa lalu’ oleh banyak kalangan.

Body of Works Usmar Ismail, adalah salah satu program yang ada di Sejarah Adalah Sekarang 5. Tema ini merupakan retrospeksi atas film-film karya Usmar Ismail. Selain itu Kineforum juga memberikan program bermacam-macam, dari mulai film-film keluarga, film untuk anak, film bertema superhero, beberapa film dokumenter tentang musik di Indonesia, sampai dengan program film yang sampai sekarang isu-nya masih sering terdengar di telinga kita, seperti program Warna-warni Perempuan dan Bukan Sekedar Profesi. Tidak semata menonton, Kineforum dan FI juga mengajak penontonnya untuk memberikan peringkat bintang dan juga komentar di website FI, sebagai bentuk apresiasi.

Selain pemutaran film Kineforum juga memiliki beberapa program lain, seperti ‘Pameran Sejarah Bioskop dan Kebijakan Film di Indonesia’ yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Tahun ini pameran memberikan konsentrasi khusus untuk catatan-catatan tentang kebijakan film yang pernah dan masih ada, sebagai usaha untuk memahami persoalan di hari ini.

Rangkaian diskusi dan klinik juga hadir dalam Sejarah Adalah Sekarang. Dalam diskusi khusus tentang film-film yang diangkat dari komik, akan hadir sebagai pembicara John De Rantau. Berkerja sama dengan FI dan Rumah Film, Kineforum juga akan mengadakan Klinik Kritik Film yang akan diasuh oleh JB Kristanto dan Eric Sasono. Selain itu juga akan ada Belajar Bersama, yang mengajak para penonton film untuk memahami penuturan bahasa gambar dan suara yang dilakukan oleh pembuat film. Dalam rangkaian pemutaran film Usmar Ismail, akan ada diskusi terbuka yang berkerja sama dengan Forum Lenteng, yang membahas film-film tersebut.

Seperti tahun sebelumnya, di akhir rangkaian program ini, akan ada Konser Musik dan Bazaar yang masih bertemakan film Indonesia. Seluruh rangkaian acara Sejarah Adalah Sekarang 5 ini bisa anda jumpai di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73.

Komentar

Pemberian komentar tidak diakifkan.