Sutradara Mochtar Soemodimedjo Berpulang

Berita :: Penulis: Arie Kartikasari

Sutradara dan penulis skenario Ir Mochtar Soemodimedjo MA  Senen 14 Mei 2012 pukul 02.25 menghembuskan nafas terakhirnya. Almarhum disemayamkan di rumah duka Jl. Persahabatan No. 21, Jl. Bukit Cinere Raya, Jakarta Selatan. Pemakaman dilangsungkan pada pukul 12.00 di TPU Cinere.

Mochtar Soemodimedjo lahir di Ambarawa 71 tahun yang lalu. Sempat kuliah di Fakultas Arsitektur, Universitas Diponegoro, ia lalu meneruskan pendidikan ke  All Union Institute of Cinematography. Faculty of Film Feature Direction di Moskow. Ia meraih gelar Master of Arts of Cinematography. Selama kuliah di Moskow, ia pernah menyutradarai film The Night Flight (1968) dan Paparacio (1971).

Pada tahun 1971 ia menyutradarai film Indonesia pertamanya yang berjudul Hutan Tantangan. Pada film ini ia juga bertindak sebagai penulis skenarionya. Pada tahun 1975 ia menjadi sutradara pendamping dari sutradara belanda Vons Rademaker dalam film Saija dan Adinda, film yang diangkat dari Novel Max Havelaar karya Multatuli. Sutradara Kereta Terakhir ini juga pernah menjadi dosen di  Akademi Sinematografi LPKJ. Pada tahun 1975 dan 1978 ia juga menjadi Ketua Departemen Pendidikan KFT. Ia menerima Lifetime Achievement Award pada Festival Film Indonesia tahun 1996.

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.