Terputusnya Aliran Listrik di Wilayah TIM

Berita :: Penulis: Pandji Putranda

Hampir seluruh kegiatan operasional di wilayah TIM terganggu dari Rabu (23/4) sampai Jumat (25/4) kemarin karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) memutus aliran listrik di kompleks Pusat Kesenian Jakarta itu. Penyebabnya, hutang biaya listrik Pemda DKI Jakarta yang menunggak.

“Selama pemadaman itu, kegiatan-kegiatan di wilayah TIM banyak mengandalkan genset. Hari ini (Sabtu) baru saja dinyalakan kembali.” ujar Alex Sihar, salah satu anggota Dewan Kesenian Jakarta di telepon. Menurut Alex, sebelumnya Dinas Pariwisata Seni dan Budaya telah memohon kepada pihak PLN, baik secara formal maupun lobi-lobi informal, untuk menunda pemutusan listrik lantaran banyaknya kegiatan (terutama di wilayah TIM) yang terganggu.

Apalagi tunggakan terhadap PLN disebabkan belum cairnya dana APBD sejak Januari 2014. Dengan kata lain, Pemda DKI Jakarta sudah empat bulan menunggak biaya listrik. Alex juga mengungkapkan bahwa alasan dana APBD belum cair tidaklah jelas. “Kami sempat melayangkan permohonan audiensi kepada DPRD, namun belum mendapat tanggapan sampai sekarang.” tambahnya.

Salah satu kegiatan yang terganggu akibat pemutusan listrik ini adalah Chopshots Documentary Film Festival yang diprakarsai oleh DocNet Southeast Asia, serta diinisiasi oleh Goethe-Institut dan dibiayai oleh European Union.

Tepat pada saat listrik terputus di hari Rabu, beberapa pemutaran film dokumenter di Kineforum dan TIM XXI terpaksa dibatalkan. Namun begitu, kuliah umum “The Future of Documentary Film” bersama Leonard Retel Helmrich dan Nguyen Thi Trinh masih tetap diadakan setelah berpindah lokasi dari Kineforum ke Goethe Haus. Adapun pemutaran-pemutaran lain yang berlangsung di Kineforum dan TIM XXI dua hari berikutnya mengandalkan genset.

Pihak Chopshot meminta maaf kepada publik terkait pemadaman listrik dan menyusun jadwal pengganti bagi film-film yang gagal diputar.

Berikut jadwal penggantinya:

25/4, 22.00: Madam Phung’s Last Journey (Kineforum)

26/4, 22.00: The Imposter (Kineforum)

27/4,13.00: War Is A Tender Thing (TIM XXI 3)

27/4, 3.30: Wukan (TIM XXI 4)

27/4, 22.00:  Happiness (Kineforum)

28/4, 15.00: Masked Monkey (Kineforum)

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.