Wulan Guritno di Balik Lensa Kamera

Sosok :: Penulis: Redaksi FI

Wulan Guritno ketika konferensi pers film Dilema, Jakarta, Februari 2012 (Foto: Abi)Sejak terjun ke dunia layar lebar pada 2005 lewat film Janji Joni, Wulan Guritno ternyata tidak hanya berakting. Perlahan dirinya belajar bagaimana untuk menghasilkan sebuah film. Dan di tahun 2012 ini, istri Adilla Dimitri itu memberanikan diri untuk menjadi sosok di balik lensa kamera. Lewat Dilema Wulan memulai debutnya sebagai produser.

"Sebenarnya sih ini nggak dadakan ya, semuanya pelan-pelan. Awalnya, secara pasti aku juga lupa, apakah setelah nulis novel Feel (2009) atau buat film pendek dulu. Sebenarnya dari dulu keinginan sudah ada, tapi ya belajar sedikit-sedikit lah. Rasa takutnya sampai sekarang sih masih ada tapi ya nekat saja dan masih didampingi untuk bisa saling mengingatkan karena masih baru," jelas Wulan menceritakan proses dirinya menjadi seorang produser.

Wulan seharusnya menjadi sutradara bersama Robby Ertanto dan Adilla Dimitri suaminya. Karena Dilema membutuhkan produser, akhirnya bintang Bukan Cinta Biasa itu memutuskan untuk mengisi kursi produser. "Sebelumnya saya sempat jadi sutradara di film Dilema, tapi karena butuh produser akhirnya saya mundur dan jadi produser. Setelah itu mulai berkembang dan Dilla juga mengajak Rhinaldi Puspoyo, dan Robby Ertanto Soediskam," ungkap ibu tiga anak itu.

Tidak mudah menjadi produser. Selain bertanggung jawab mencari dana. Wulan ternyata menemukan kendala lain saat proses produksi. "Mengatur waktu bagaimana menyatukan semua bintang, dan crew itu susah banget. Maka jadwal kita mundur yang tadinya siap dirilis bulan November 2011 jadi Januari 2012 dan akhirnya 23 Februari 2012. Selain itu proses editnya juga butuh waktu yang tidak sebentar. Durasi yang tadinya ada 150 menit harus dipangkas jadi 100 menit," kenangnya.

Lalu adakah Wulan pindah jalur untuk tetap berada di belakang layar dan meninggalkan dunia aktingnya. "Aku adalah seorang aktris yang mencoba belajar untuk membuat film. Karena sudah lama main film dan punya banyak teman, pasti banyak yang membagi ilmunya ke saya. Kalau soal akting aku tidak akan tinggalkan karena itu jiwaku. Kalau aku tinggal, seperti ada sesuatu yang hilang. Lagi pula badanku masih kurang bagus pasca melahirkan. Jadi mengecilkan badan dulu, baru balik akting lagi." katanya seraya tersenyum.

Komentar

Silahkan masuk log terlebih dahulu untuk memberi komentar.