Daftar film berdasarkan genre "Drama" - 2020 entri


  • Oh Iboe-thumb

    Oh Iboe (1938)

    Setelah istrinya meninggal dunia, Tjoa Kim Liong menikah lagi, hingga anak perempuannya, Loan, hidup di bawah ibu tiri. Kim Liong lebih memikirkan kegemarannya berjudi. Usahanya dikuasakan kepada Kian Hwat. Karena Kian Hwat tidak jujur, harta Kim Liong jatuh ke tangannya. Belakangan, harta itu bisa kembali berkat pertolongan Goan Hin, tunangan Loan.

  • Tjiandjoer-thumb

    Tjiandjoer (1938)

    Meski bersaudara, sifat Kim Djin dan Kim Tjiang, adiknya, berbeda bagai bumi dan langit. Walau pemalas, Kim Tjiang disayang sang ayah, karena pandai bermulut manis. Sebaliknya si bapak, Tan Koan Liong, meremehkan Kim Djin yang rajin dan jujur. Bahkan, Kim Djin diusir sang ayah karena fitnah Kim Tjiang. Di akhir lakon, Koan Liong menyadari kekeliruannya.

  • Impian di Bali (1939)

    Lewat perjalanan pasangan yang sedang bercinta diperlihatkan pemandangan pulau Bali yang terkenal itu. Ditambah bumbu aksi silat seorang wanita muda, kocokan perut oleh seorang pelawak bertubuh gemuk, plus musik dan nyanyi.

  • Roesia si Pengkor-thumb

    Roesia si Pengkor (1939)

    Haji Saleh mengasingkan diri ke suatu gunung yang dianggap suci, sementara istri dan anaknya, Suti, tetap tinggal di Tangerang. Sebagai "kembang kampung", Suti banyak diminati pemuda, walau cuma Saari yang berkenan di hatinya. Gara-gara mencintai Suti itu Saari masuk penjara. Ia difitnah Lihin, temannya sendiri. Setelah bebas, karena ternyata tak bersalah, Saari masih menghadapi saingan lain,…

  • Siti Akbari-thumb

    Siti Akbari (1939)

    Pada mulanya Siti Akbari (Roekiah) mengalami keberuntungan dalam berumahtangga. Kemudian ia disia-siakan suaminya yang terpikat wanita lain, meski Siti Akbari tetap setia. Kesetiaannya berbuah kebahagiaan di akhir cerita.

  • Bajar Dengan Djiwa-thumb

    Bajar Dengan Djiwa (1940)

    Kisah dari beberapa keluarga. Antara lain Basuki (Zonder) yang banyak memikirkan masyarakat, sementara sang istri, Suryati (Nji Soelastri) hanya mementingkan urusan pribadi. Umar (Oedjang) banyak berbuat maksiat, tanpa memperdulikan teguran Supini (Nji RS Fatimah), istrinya. Ketika terlibat hutang, Umar tega menjual anak gadisnya, Djuliah (Ng R Djoewairijah) kepada Asnan (Rd O Parma), seorang lintah darat. Peristiwa…

  • Dasima-thumb

    Dasima (1940)

    Karena Winata disibuki oleh urusan meningkatkan penghidupan, sering timbul salah paham dengan istrinya, Dasima. Akhirnya mereka bercerai. Kemudian Dasima jadi istri Samiun, yang lebih berminat pada harta Dasima. Karena perlakuan Samiun kian semena-mena, Dasima minta cerai. Segala perhiasannya, yang dihabiskan Samiun di meja judi, minta dikembalikan. Samiun bersepakat dengan Bang Puasa untuk menyingkirkan Dasima. Ketika terkepung…

  • Harta Berdarah-thumb

    Harta Berdarah (1940)

    Berbagai keburukan manusia, kekuasaan uang yang bikin penduduk sengsara, dijalin dengan cerita cinta yang halus dan memilukan. Si kaya akhirnya sadar setelah Allah menjatuhkan hukuman (dunia)Nya.

  • Kartinah-thumb

    Kartinah (1940)

    Gara-gara anak yang amat dicintainya meninggal dunia, Titi menderita penyakit kurang ingatan. Suaminya, Suria (Astaman) mencintai perawat Kartinah (Ratna Asmara), namun tidak ingin beristri dua. Mengetahui Suria masih beristri, Kartinah menjauh. Mereka bertemu kembali ketika terjadi serangan udara. Dalam peristiwa itu, Titi kecelakaan dan meninggal dunia. Tak ada lagi penghalang bagi Suria dan Kartinah untuk membangun…

  • Kedok Ketawa (1940)

    Ceritanya sederhana. Sepasang kekasih, penjahat - penggoda dan tokoh penyelamat. Dikemas dengan latar pemandangan di Cibodas yang indah, hasil karya juru kamera yang tergolong handal.