Daftar film berdasarkan tahun "1938" - 3 entri


  • Fatima-thumb

    Fatima (1938)

    Penduduk pulau Motaro itu hidup makmur. Bunga pulau itu, Fatimah (Roekiah) menjalin cinta dengan Idris (Rd Mochtar), anak nelayan miskin. Hubungan tulus itu terganggu oleh kedatangan Ali (E. T. Effendi), yang selalu membanggakan kekayaan. Salah satu pemberian Ali kepada Fatimah, cincin, justru diserahkan oleh sang gadis kepada Idris. Cincin itulah yang membawa polisi pergi ke pulau…

  • Oh Iboe-thumb

    Oh Iboe (1938)

    Setelah istrinya meninggal dunia, Tjoa Kim Liong menikah lagi, hingga anak perempuannya, Loan, hidup di bawah ibu tiri. Kim Liong lebih memikirkan kegemarannya berjudi. Usahanya dikuasakan kepada Kian Hwat. Karena Kian Hwat tidak jujur, harta Kim Liong jatuh ke tangannya. Belakangan, harta itu bisa kembali berkat pertolongan Goan Hin, tunangan Loan.

  • Tjiandjoer-thumb

    Tjiandjoer (1938)

    Meski bersaudara, sifat Kim Djin dan Kim Tjiang, adiknya, berbeda bagai bumi dan langit. Walau pemalas, Kim Tjiang disayang sang ayah, karena pandai bermulut manis. Sebaliknya si bapak, Tan Koan Liong, meremehkan Kim Djin yang rajin dan jujur. Bahkan, Kim Djin diusir sang ayah karena fitnah Kim Tjiang. Di akhir lakon, Koan Liong menyadari kekeliruannya.