Daftar film berdasarkan tahun "1959" - 16 entri


  • Gembira Ria (1959)

    Ayah (Ali Yugo), menginginkan anaknya (Us Us) jadi pedagang, sedang ibunya (Sulastri) menginginkannya jadi dokter, tapi sang anak lebih suka musik daripada pelajaran sekolah. Atas nasehat guru, Us Us diasramakan. Di asrama dia malah bikin "kacau". Kawan-kawannya diajak main musik, hingga dia diangkat jadi pemimpin band asrama yang keluar sebagai juara dalam sebuah festival.

  • Detik-detik Revolusi (1959)

    Peristiwa berlangsung sesudah revolusi fisik 1945-1949. Rosadi berpedoman pada "tugas negara di atas segalanya", sedang Amran lebih mementingkan "kemewahan hidup". Rosadi beristrikan Hastuti, sedang Amran mendapat pasangan Hartati. Rosadi pulang dari membasmi pengacau dengan sukses, meski terluka di tangan, sedang Hartati menyesali suaminya yang harus mempertanggungjawabkan dosanya karena melanggar hukum.

  • Sekedjap Mata (1959)

    Menonjolkan kejujuran dan idealisme seorang pelukis Candra (Zainal Abidin). Dia menolak melukis seorang lelaki tua jadi pria muda yang tampan. Biarpun rugi, dia juga menyebabkan orang itu gagal melaksanakan niat jahatnya. Sebaliknya dia membuat lukisan wanita idaman semata-mata dari khayalan. Tahu-tahu muncul wanita yang mirip dengan lukisan itu.

  • Habis Gelap Terbitlah Terang (Hilang Gelap Datang Terang) (1959)

    Sepulang dari luar negeri, Amir (Rendra Karno) diajak kawannya Dahlan (A. Hamid Arief) dan Mariani (Chitra Dewi) untuk mendirikan sekolah di sebuah desa. Dalam usaha mencari dana mereka berhubungan dengan hartawan Johan (Rd. Ismail), yang punya dua anak gadis, Rohana (Maria Menado) dan Itayati (Aminah Cendrakasih). Dorongan utama datang justru dari Rohana, yang ternyata tertarik pada…

  • Bing Slamet Tukang Betja (1959)

  • Titian Serambut Dibelah Tudjuh (1959)

     (10/10) (1)

    Seorang guru muda, Ibrahim (S Effendi), mencoba menentang cara berfikir dan sistem pendidikan kolot. Tantangan datang bukan saja dari guru lama (Ali Yugo), tapi juga godaan dari istri guru itu (Tatiek Maliyati). Istri yang kesepian itu kemudian bahkan melempar fitnah, karena Ibrahim lebih tertarik pada Halimah (Enny Rochaeni), yang masih gadis. Di saat kritis, muncul seorang…