Artikel/Berita Film, Musik, Makan

Dalam rangka menjelang dan meramaikan Hari Film Nasional yang jatuh tiap 30 Maret, rumah produksi Babibutafilm dan Nine Ways Film menyelenggarakan acara bertajuk Film, Musik, Makan. Acara terdiri dari penayangan beberapa film produksi dua rumah produksi tersebut, pertunjukkan musik, dan penyediaan ragam cemilan di Goethe Haus Jakarta, Menteng, pada 1-2 Maret 2014. Salah satunya adalah penayangan perdana Rocket Rain, debut film panjang Anggun Priambodo, untuk publik Jakarta.

Selain film yang pernah meraih Geber Award pada Jogja-NETPAC Asia Film Festival 2013 tersebut, acara ini juga menayangkan tiga film pendek baru: Fitri (Sidi Saleh), Someone’s Wife in the Boat of Someone’s Husband (Edwin), Vulgar (Ladya Cheryl), dan kembali menayangkan Postcards from the Zoo (Edwin). Fitri baru saja menjadi salah satu official selection di festival film Clermont-Ferrand, Prancis. Someone’s Wife in the Boat of Someone’s Husband merupakan bagian dari Jeonju Digital Project 2013. Film ini mengadaptasi cerita pendek Seno Gumira Ajidarma berjudul Cinta di Atas Perahu Cadik. Sedangkan Vulgar, merupakan debut Ladya Cheryl sebagai sutradara.

Untuk menikmati rangkaian acara di Film, Musik, Makan, publik dikenakan biaya donasi sebesar Rp200.000. Hal ini menjadi upaya mengumpulkan dana untuk memutar film Rocket Rain di beberapa daerah di Indonesia, suatu cara yang pernah diterapkan untuk film Postcards from the Zoo. “Rencananya dimulai dengan 10 komunitas yang dulu pernah kami ajak kerjasama memutar Postcards from the Zoo. Untuk roadshow memang menelan biaya perjalanan yang besar. Pada waktu itu, kami sengaja datangi satu per satu untuk menjalin kerjasama. Jadi, sekarang bisa cukup mengirimkan materi filmnya. Tentunya dengan proteksi sedemikian rupa agar tidak sembarangan di-copy.” ujar Meiske Taurisia, produser di Babibutafilm.

Selain pemutaran film dan pertunjukkan musik, ada pula lokakarya DIY (do-it-yourself) 16mm film processing bersama Edwin pada 3 dan 30 Maret 2014.