Artikel/Berita Indonesia Mendapat Unggulan Penata Musik di Asia Pasific Film Festival

Penata Musik peraih piala Citra tahun 2008, Zeke Khaseli bersama rekannya Yudi Arfani mendapatkan unggulan penata musik terbaik untuk Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta pada The Asia-Pacific Film Festival (APFF) ke 56 yang diselenggarakan di Makau 13-15 Desember 2013. "Sebuah kehormatan besar buat saya dan Yudi bisa bersaing dengan nama-nama besar di tingkat Asia seperti Shigeru Umebayashi dan Taro Iwashiro." ujar Zeke Khaseli yang juga salah satu pendiri Akademi Film Indonesia.

Zeke dan Yudi akan bersaing dengan Shigeru Umebayashi untuk film The Grandmaster (sebelumnya juga komposer film In The Mood for Love, House of Flying Daggers, Hannibal Rising, My Blueberry Nights), Taro Iwashiro untuk film Ask This of Rikyu (sebelumnya juga komposer untuk film Red Cliff, Rurouni Kenshin), Jay Chou untuk film The Rooftop, dan Shane McLean untuk film Mt. Zion.

"Unggulan ini lumayan bikin kaget, selama ini yang saya tahu kebanyakan film kita yang yang bersaing di luar negeri itu lebih ke filmnya, sutradaranya atau para pemerannya, dan kali ini musiknya. Semoga menjadi dorongan untuk terus berkarya" Kata Yudi.

Asia-Pacific Film Festival (APFF) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Federation of Motion Picture Producers in Asia-Pacific (FPA). Misi APFF adalah untuk mempromosikan film-film Asia Pacific, menyatukan produser film di wilayah tersebut, dan mendorong pertukaran budaya antara anggota daerah-daerahnya.

APFF merupakan salah satu festival film internasional paling mapan di dunia dan sudah diselenggarakan sebanyak 56 kali. APFF pertamakali diadakan di Tokyo pada tahun 1954. Setelah itu, anggota di Asia Pacific bergiliran menjadi tuan rumah.