Katalog Eksil

0
Sutradara: Lola Amaria
Produser: Lola Amaria
Sinopsis

Sebuah dookumenter panjang yang mengangkat bagian kelam dari sejarah Indonesia di periode 1965. Selain terjadi pembunuhan massal, penangkapan serta pemenjaraan terhadap para anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia, penderitaan juga dialami oleh para pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri yang mendapat beasiswa dari pemerintahan di bawah Presiden Soekarno. 

Pelajar dan mahasiswa tersebut adalah bagian dari para eksil yang lebih dari 30 tahun terjebak di luar negeri dan tidak bisa pulang ke tanah air. Suatu pengalaman pahit yang berkepanjangan. Selain kehilangan status kewarganegaraan, kehilangan sanak keluarga dan kerabat di Indonesia, mereka juga harus bekerja serabutan bahkan di luar keahlian dan latar keilmuannya. Mereka berjuang untuk hidup dengan berpindah-pindah negara : China, Uni Soviet, Belanda, Cheko-Slovakia, Jerman, dan Swedia.

Selama pembuatan film yang dimulai sejak 2015, beberapa tokoh dalam dokumenter ini ada yang sudah meninggal atau sakit karena usia lanjut. Film dokumenter ini diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia agar tidak kehilangan jejak sejarah bangsanya.