Katalog Marah di Bumi Lambu
Judul alternatif: The Raging Soil (aka)

0
Sutradara: Hafiz Rancajale
Produser: Hafiz Rancajale
Sinopsis

Berkisah tentang kenangan masyarakat Lambu pada peristiwa Tragedi Sape Lambu 2012 yang menelan tiga korban dari pihak warga. Tragedi ini berawal dari rencana pemerintah daerah Kabupaten Bima mengubah kawasan Lambu menjadi daerah pertambangan dengan menerbitkan izin usaha pertambangan kepada pemilik modal. Terjadi penolakan oleh warga yang diorganisir oleh mahasiswa. Penolakan ini dilakukan dengan aksi-aksi demonstrasi yang pada akhirnya menelan korban di pihak warga akibat kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. Film ini mencoba merekam kenangan masyarakat tentang rangkaian peristiwa tragedi itu sendiri, rangkaian cerita- cerita kemanusian dan mimpi-mimpi mereka tentang tanah leluhurnya.

Marah di Bumi Lambu merupakan proyek film dokumenter hasil kerjasama antara Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Indonesia dengan Forum Lenteng yang merupakan bagian dari sosialisasi tentang persoalan Hak Atas Tanah. Sebagai bagian dari persoalan yang mendapat perhatian tingkat nasional, Komnas HAM merasa perlu menghadirkan sengketa pertanahan ini sebagai bagian dari pembelajaran tentang hak asasi manusia di Indonesia.

Catatan

Penanggung Jawab Prof. Dr. Hafid Abbas, Muhammad NurkhoironTim Kerja Komnas HAM Eka Christianingsih Tanlain, Louvikar Alfan Cahasta,Yuli Asmini, Kurniasari Novita Dewi, Banu Abdilah,Hari Reswanto, Agus SyaefullohPenanggung Jawab: Prof. Dr. Hafid Abbas, Muhammad NurkhoironTim Kerja Komnas HAM: Eka Christianingsih Tanlain, Louvikar Alfan Cahasta,Yuli Asmini, Kurniasari Novita Dewi, Banu Abdilah,Hari Reswanto, Agus Syaefulloh