Katalog Masked Monkey - The Evolution of Darwin's Theory

0
Sutradara: Ismail Fahmi Lubis
Sinopsis

Firman seorang pawang topeng monyet, cemburu dengan rekan sekerjanya Bebek karena bos mereka Sarinah, membeli monyet baru untuk Bebek. Firman mengeluh karena Komeng monyetnya, tidak menurut dan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Apabila Komeng berulah, maka berkurang juga pendapatannya.

Tidak seperti Firman, Bebek sangat perhatian dengan Temon monyetnya. Hasilnya Temon sangat mudah untuk dilatih dan tampil dengan bagus, Bebek pun tidak memiliki masalah dengan setorannya kepada Sarinah. Namun Sarinah tidak mau perduli dengan alasan-alasan Firman serta menuntut jumlah setoran yang sama. Sarinah memperlakukan Firman sama buruknya seperti Firman memperlakukan Komeng. Sarinah memperlakukan Bebek sama baiknya seperti Bebek memperlakukan Temon.

Firman menganggap perilaku Komeng tidak dapat diperbaiki lagi. Firman memutuskan untuk melakukan pertunjukan topeng monyet tanpa menggunakan monyet sungguhan, tetapi dengan memakai kostum monyet. Sarinah akhirnya mengakui Komeng bermasalah. Untuk memperbaiki masalah ini ia memutuskan untuk memanggil seorang Kiai. Kiai berdoa dan memberikan air suci kepada Komeng, yang ia percaya mampu 'menyembuhkan'.

Di lain pihak, Pak Suwandi, teman Bebek melakukan pendekatan yang berbeda serta berinisiatif untuk melepas monyetnya di hutan. Tidak jelas apakah hal ini bisa membantunya keluar dari masalah, atau justru menimbulkan masalah bagi si monyet karena tidak bisa menghadapi liarnya hutan.

Catatan

Pemutaran perdana di Rotterdam Film Festival 2014, program Bright Future