Katalog Layu Sebelum Berkembang
Judul alternatif: Die Before Blossom (aka)

7
Sutradara: Ariani Djalal
Produser: Ariani Djalal
Sinopsis

Film ini bercerita tentang berakhirnya masa kanak-kanak, serta bagaimana kehidupan remaja putri muslim kelas menengah saat ini melalui dua keluarga selama periode yang menentukan karir sekolah anak perempuan mereka di Yogyakarta. Sementara itu, sistem pendidikan umum di Indonesia berubah di bawah tekanan dari pihak politik Islam. Lembaga sekuler lebih diarahkan membentuk jutaan pemuda tunduk dengan memasukkan lebih banyak kegiatan keagamaan ke dalam kehidupan sekolah.

Menjadi tokoh utama di film ini ialah dua orang anak, Kiki dan Dila, pada dua tahun terakhir mereka di Sekolah Dasar Negeri sampai mereka lulus Ujian Nasional dan beralih ke SMP yang berbeda. Lulus Ujian Nasional di Indonesia berarti titik balik yang sangat penting dalam kehidupan murid. Ini tidak hanya menentukan perjalanan sekolah dan masa depan si anak, tetapi juga mempengaruhi proses pendewasaan.

Kegembiraan dan gelisah ketika gadis-gadis (siswi) merasa dihadapkan oleh kekuatan dominan nilai-nilai Islam. Pada langkah awal mereka menjadi wanita dewasa, gadis-gadis akan mulai mengenali bagaimana masyarakat mencoba untuk mengontrol dan mendefinisikan mereka. Pada waktu itu anak perempuan biasanya memasuki siklus 'kewanitaan' dan sering diminta untuk mulai menutupi rambut mereka dan memakai rok panjang.

Catatan

Pemutaran perdana di International Documentary Film Festival Amsterdam 2014, Belanda dalam program kompetisi untuk karya perdana (First Appearance).