Katalog Fajar yang Kelabu

0
Sinopsis

Bobby anak lelaki tunggal yang dimanja ibunya, sementara ayahnya tidak setuju. Pertengkaran suami-istri sering terjadi karena ulah Bobby yang seenaknya. Suatu ketika Bobby, yang mendapat mobil baru dan ugal-ugalan balapan, menabrak mati seseorang dan membuat buta orang lain. Orang ini adalah sahabat Rachmat, sopir keluarga, yang ingin menjodohkan adiknya dengan Andi, korban yang buta itu. Rachmat bahkan menyediakan diri masuk penjara sebagai pengganti. Bobby yang tersinggung dengan kemarahan ayahnya, memilih meninggalkan rumah. Bobby ingin hidup dengan keringat sendiri.

Teman kuliah Bobby yang akrab, Victor, yang punya sifat culas, memalsu tanda tangan ayah Bobby, hingga bisa bekerja di sebuah perkebunan, milik orang tua Santi. Suatu ketika Bobby kebetulan menolong Andi yang nyaris tertabrak Santi, yang sebenarnya hendak dijodohkan dengan Bobby. Melihat kemiskinan Andi dan istri korban yang ditabraknya, Bobby ingin menebus dosa. Ia bekerja sebagai sopir di tempat Santi, dan malamnya bekerja di bengkel. Hasil kerjanya untuk menolong orang yang dia sengsarakan. Ia membalap untuk mendapat hadiah agar bisa menyembuhkan kebutaan Andi.

Sementara itu, Santi mengetahui rahasia Bobby dari pertengkaran Bobby dengan Victor. Maka Bobby pun berterus terang. Setelah semuanya terbuka, dan Andi melampiaskan kemarahan pada Bobby, setelah matanya sembuh tapi tak tahu sang dewa penolongnya adalah Bobby itu sendiri, maka kisah ditutup dengan petuah-petuah yang memuji Bobby. Ia berniat melapor pada polisi, karena sudah menebus dosanya. Sementara Santi siap menanti sampai kapanpun. Kisah serba kebetulan ini, hebatnya dimaklumi oleh pembuatnya, hingga terucap juga dalam salah satu dialog Bobby.

Catatan

Kopi VHS judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.