Artikel/Berita Bulan Film Nasional 2012: Filmmakers' Forum untuk Umum

Berita Doni Agustan 25-03-2012

Berangkat dari forum diskusi antara pembuat film yang bersifat tertutup maka dalam rangka Bulan Film Nasional (BFN) tahun ini, Kineforum memutuskan untuk mengadakan Filmmakers' Forum yang terbuka untuk umum. Forum kali ini akan membahas film Kala dari segi artistik dengan pembicara Wencislaus (Penata Artistik untuk film tersebut). Acara diadakan pada hari Minggu, 25 Maret 2012 mulai pukul 10.00 hingga 15.00.

Adalah Sidi Saleh, Sinematografer dari Babi Buta yang Ingin Terbang (2008) dan Kebun Binatang (2012) yang mencetuskan ide untuk mengerakkan program ini. Forum ini diharapkan bisa menjadi tempat berkumpulnya sesama pembuat film untuk saling berbagi pengalaman, bertukar pikiran, saling memberi dan menerima kritik sekaligus sebagai tempat untuk belajar bagi para pembuat film baru. "Melalui BFN tahun ini, Kineforum memutuskan untuk menjadikan kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga diskusi tidak hanya terjadi di antara para pembuat film tetapi juga untuk publik yang berminat membuat film atau ingin tahu proses pembuatan film dari divisi-divisi yang mendukungnya seperti kamera dan artistik," begitu ujar Sugar Nadia ketika dihubungi melalui telepon.

Selain itu munculnya ide Filmmakers' Forum ini dikarenakan selama ini belum adanya ruang diskusi bagi sisi visual dan teknis film. Ruang diskusi itu selama ini lebih banyak diisi oleh sutradara dan produser film. "Dinamakan Filmmakers' Forum, karena kegiatan ini adalah semacam arisan untuk para pembuat film di tengah kesibukan mereka. Selanjutnya forum ini akan dikembangkan dan tidak terbatas pada divisi visual saja seperti yang sekarang ini. Kineforum akan memfasilitasi bagi divisi-divisi lain lain seperti wardrobe, makeup, skenario, suara dan sebagainya," begitu ditambahkan oleh Sugar Nadia.

Filmmakers' Forum pertama kali diadakan 15 Januari 2012 dengan memutar dua film yaitu Ada Apa Dengan Cinta?, dan May yang dilanjutkan dengan diskusi bersama Penata Artistik Adrianto Sinaga dan Sinematografer Ical Tanjung yang terlibat untuk kedua film tersebut. Sedangkan untuk Filmmakers' Forum yang diadakan pada bulan Februari, memutar dan membahas film perdana Edwin, Babi Buta yang Ingin Terbang yang dilanjutkan dengan diskusi bersama Sinematografer Sidi Saleh.

Lihat jadwal lengkap Bulan Film Nasional 2012 di situs web resmi Kineforum.