Artikel/Berita Dua Film Indonesia di Festival Berlin 2013

Festival Film Internasional Berlin 2013 (Foto: Website festival)Setelah mendapatkan penghargaan khusus aktor anak terbaik di Apresiasi Film Indonesia 2012 lalu, kabar baik kini datang lagi untuk film Cita-citaku Setinggi Tanah (CCST). CCST terpilih menjadi salah satu film yang berkompetisi pada program Generation-Kplus  di Festival Film Internasional Berlin 2013. CCST akan berkompetisi dengan 13 film lainnya untuk memperebutkan piala Crystal Bear. Generation sendiri adalah program yang dipersembahkan Festival Berlin kepada generasi muda dan anak. Pada program ini, film akan dinilai oleh juri usia 11 – 14 tahun.

Selain kompetisi, ada juga Something In The Way film terbaru Teddy Soeriaatmadja yang akan diputar pada program Panorama. Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian, Ratu Felisha dan Verdi Solaiman ini akan diputar bersama dengan 31 film dari 23 negara.

Tahun lalu film Indonesia mencatat prestasi dengan terpilihnya film Kebun Binatang pada program kompetisi. Selain itu ada juga The Mirror Never Lies yang diputar di program Generation. Beberapa film Indonesia yang diputar di festival yang sama tahun lalu adalah Anak-anak Srikandi dan Seven Deadly Kisses.

Selain karya film, beberapa pegiat film Indonesia juga terpilih untuk mengikuti Berlinale Talent Campus. Mereka yang terpilih tahun ini antara lain, sinematografer muda Amalia Trisna Sari, sinematografer dan sutradara film pendek Sidi Saleh, sutradara dan produser film pendek Edward Gunawan, dan kritikus film muda Adrian Jonathan Pasaribu. Talent Campus adalah program belajar dengan bentuk kampus kreatif, yang memiliki jaringan luas untuk pembuat dan kritikus film dari seluruh dunia.