Artikel/Berita Purbalingga dan Yogyakarta Pemenang Festival Film Solo

Poster Festival Film Solo 2011

Film asal Purbalingga dan Yogyakarta menjadi peraih penghargaan Ladrang dan Gayaman Award pada penutupan Festival Film Solo Sabtu 7 Mei 2011. Kedua pemenang tersebut:

Gayaman Award (Film Fiksi Pendek Terbaik untuk Pelajar)

Judul Film: Pigura

Sutradara: Darti dan Yasin, SMP 4 Karang Moncol, Purbalingga.

Ladrang Award(Film Fiksi Pendek Terbaik)

Judul Film: Bermula dari A

Sutradara: BW Purba Negara, Limaenam Films, Yogyakarta.

Pada jumpa pers yang diadakan seusai rapat penjurian, 5 Mei 2011, beberapa juri menyampaikan pandangannya terhadap karya-karya unggulan.Beberapa hal yang menjadi tolak ukur penilaian juri antara lain adalah: kesegaran ide cerita, kualitas artistik/eksekusi produksi, dan bagaimana pembuat film menyampaikan ide yang mereka miliki dalam film.

Veronika Kusumaryati, salah satu anggota Juri Gayaman Award menjelaskan, "Kehadiran peserta kompetisi dari usia SMP, membuktikan usia pembuat film pendek di Indonesia yang semakin muda. Sayangnya tema yang diangkat masih seputar wacana besar yang tidak terkait dengan pengalaman mereka sendiri sebagai seorang pelajar, sangat pretensius dan masih terpaku dengan slogan."

Joko Anwar, salah satu anggota juri Ladrang Award mengungkapkan, "Para finalis adalah potensi yang cukup bagus. Sayangnya di Indonesia belum ada mekanisme yang mendukung pembuat film muda berbakat untuk memasuki industri film. Hal tersebut berdampak pada terpuruknya film Indonesia karena kekurangan talenta yang bagus dari segi teknik maupun artistik."