Katalog Arini (Masih Ada Kereta yang Akan Lewat)

8
Sinopsis

Kisah melodrama yang agak berbelit. Arini (Widyawati) "diperosokkan" oleh sahabatnya sendiri, Ira (Joice Erna), agar mengawini pacarnya, Helmi (Sophan Sophiaan). Setelah tahu akal bulus ini, Arini minta cerai dan meninggalkan anaknya, yang kemudian ternyata mengalami gagal ginjal. Ia bersekolah ke AS.

Di sini bertemu dengan Nick (Rano Karno), mahasiswa yang ingin lepas dari keluarganya sendiri yang otoriter, konservatif, dan berantakan. Nick sangat mencintai Arini, sementara yang terakhir ini harus terlibat banyak perkara dengan bekas suami yang kemudian ternyata jadi bawahannya, sahabat, dan anaknya. Sutradara Sophan Sophian yang berasal dari latar belakang keluarga aktivis politik, selalu menggunakan kesempatan untuk mengeluarkan kritik-kritiknya mengenai masalah sosial dan politik. Hanya saja kali ini dengan cara yang lebih halus.

Catatan

Adaptasi dari novel. Film terlaris IV di Jakarta, 1987, dengan 194.999 penonton, menurut data Perfin.Kopi 35 mm judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.