Pembuat ilustrasi musik
Sutradara
Penata suara
Sinopsis

Setelah kematian ibunya, Jaya (Iqbal S Manurung) yang berumur 12 tahun dibawa Bandi (Yayu AW Unru) kepada ayahnya, Johar (Didi Petet), yang bekerja sebagai pengawas di sebuah jermal (tempat penjaringan ikan yang dibangun di atas tonggak-tonggak kayu di tengah lautan). Bandi juga bekerja di jermal ini sebagai juru masak. Di tempat itu, kerja buruh kasar dan keterasingan adalah kenyataan sehari-hari.

Johar terkejut karena ia tak pernah tahu bahwa ia punya seorang anak. Ia tak mau mengakui Jaya sebagai anaknya. Johar dibayangi masa lalu kelam yang membuatnya tak bisa kembali ke daratan. Tepat 12 tahun yang lalu, Johar memergoki istrinya berselingkuh dengan laki-laki lain. Ia menyerang laki-laki itu dan meninggalkannya dalam keadaan sekarat. Johar pasti ditahan polisi bila kembali ke daratan.

Johar terpaksa menerima Jaya sebagai pekerja jermal. Walaupun dihadapkan dengan penolakan ayahnya dan gangguan serta ejekan anak-anak pekerja jermal, Jaya tak mau menyerah pada nasib. Ia melepaskan harapan akan pengakuan ayahnya dan memutuskan untuk mempelajari keterampilan serta sikap yang diperlukan untuk bertahan hidup di atas jermal. Seiring berjalannya waktu, Jaya berubah menjadi seperti anak jermal lain: survivor yang tangguh dan keras.

Johar terpaksa menghadapi dan menerima masa lalunya. Akhirnya, baik Johar maupun Jaya menyadari bahwa mereka terikat oleh masa lalu, dipertemukan di ruang sempit di mana mereka berada, serta terhubung oleh kebenaran yang tak mungkin dihindari. Awalnya mereka berjumpa sebagai dua orang asing dan akhirnya mereka meninggalkan tempat itu sebagai ayah dan anak.

Catatan

Tayang perdana dunia di Pusan International Film Festival 2008, seksi A Window on Asian CinemaSumber:Ecco Films. Jl Gereja Theresia No 23 (pav), Jakarta 10350; Email: eccofilms@gmail.com; Telp: +6221-392.3738, 392.3460; Fax: +6221-3190.0147