Katalog Ratna Moetoe Manikam (Djoela Djoeli Bintang Tiga)

0
Sinopsis

Ada tiga bersaudara: Ratna Mutu Manikam (Ratna Asmara), Laila Kesuma dan Kumala Juwita. Mereka ini penghuni di balik awan. Ratna dan Kumala berselisih karena sama-sama menginginkan pria sama, Sultan Darsyah Alam (Astaman). Kumala nekat melamar Darsyah, tapi ditolak. Karena dendam, Kumala memerintahkan jin dan peri untuk memusnahkan kerajaan Darsyah. Maksud ini didengar Laila dan disampaikan pada Ratna, lalu dilaporkan pada Bathara Guru. Jawabannya: itu cobaan bagi Darsyah yang telah digariskan bakal berjodoh dengan Ratna. Sultan memiliki cincin wasiat yang namanya juga Ratna Mutu Manikam. Bila cincin itu lepas dari jarinya, maka bakal terjadi bencana atas kerajaan. Bencana yang ditimbulkan Kumala, bisa diselesaikan Ratna dengan bantuan Laila.

Catatan

Judul cerita asli dan judul waktu diedarkan: Djoela-djoeli Bintang Tiga. Menurut Tan Tjoei Hock, pembuatan film ini sempat terhenti karena pendudukan Jepang. Penyelesaiannya dilakukan oleh Tan Tjoei Hock. Suska adalah kependekan dari Sutan Usman Karim.Sumber:- Bulletin JIF, 1941.- Pertjatoeran Doenia dan Film no. 4 th. I, hlm. 14 & 27; no.7 th. I, Desember 1941, hlm. 22 & 24.

Trivia

Deddy Irama, adik Rhoma Irama, ikut menikmati sukses sang kakak. Ia sempat main dalam lima film yang umumnya bernada dangdut juga.