Artikel/Berita 10 Film Pendek Indonesia di Festival Sinema Prancis

Pertama kali diselenggarakan tahun 1996, Festival Sinema Prancis (FSP) merupakan festival film asing pertama di Indonesia. Tahun ini, FSP diadakan di Jakarta (Cineplex 21 Plaza Indonesia) 8-10 Desember dan Bali (Cineplex 21 Kuta Beach Walk) 11-12 Desember. Festival kemudian keliling ke Balikpapan, Bandung, Lampung, Makasar, Malang, Medan, Semarang, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta, sepanjang bulan Januari 2013.

Sepanjang perjalanannya, FSP telah mengalami sejumlah transformasi. Institut Français Indonesia (IFI) sebagai pihak penyelenggara berharap perkembangan ini dapat mendekatkan festival dengan publiknya. Tahun ini, FSP untuk pertama kalinya mengadakan kompetisi film pendek nasional. Sebelumnya, IFI terlibat dalam perkembangan film pendek nasional lewat A court d’écran, program pemutaran film pendek bulanan, guna menemukan bakat-bakat baru.

Kompetisi film pendek ini diselenggarakan bersama program FSP lainnya. Beberapa di antaranya adalah pemutaran film Prancis kontemporer, retrospeksi karya-karya Olivier Assayas, presentasi studi sinema di Prancis, serta presentasi program bantuan sinema.

Pendaftaran dibuka dari bulan September hingga November. Tercatat panitia menerima 69 film pendek dari berbagai daerah di Indonesia. 10 film lolos sebagai finalis. Ada tiga poin yang ditetapkan tim seleksi IFI sebagai ketentuan pemilihan finalis. Film haruslah mengutamakan kesederhanaan dalam bercerita, mampu memotret realitas keseharian, dan kompeten dalam menyajikan cerita, baik dari segi teknis maupun artistik. Sutradara film terbaik pilihan juri akan mendapat kesempatan menghadiri sebuah festival film pendek di Prancis pada tahun 2013, guna memperluas jaringan serta pengalamannya sebagai sineas.

Berikut adalah sepuluh film pendek yang akan berkompetisi di FSP 2012:

Halo! (Athpal Paturusi,mutumata Creative Boutique, 2012)

Jatisari First Blood Reloaded (Sirojuddin, Jatisariku, 2012)

Jumprit Singit (Mahesa Desaga, Sembilan Production, 2012)

Keripik Sukun Mbok Darmi (Heri Kurniawan, School of Design Binus University, 2012)

Palak (Jaka Triadi, Sinematografi UNAIR, 2012)

Parkir (Jason Iskandar, Antelope Film, 2012)

Penghulu (Desri Tsurayya, Forum Film Pelajar Bandung, 2012)

Tanya Jawab (Jason Iskandar, Antelope Film, 2011)

Waktu Kunjung Pacar (Nizar, Sinematografi UI, 2012)

Wrong Day (Yusuf Radjamuda, Kafe Ujung, 2011)