Artikel/Berita Dongeng Rangkas Film Terbaik FFD 2011

Festival Film Dokumenter 2011"Film ini didedikasikan untuk sinema Indonesia yang lebih baik, seluruh penggerak komunitas film, dan aktivis gerakan sosial di Indonesia," ujar Riezky Andhika, perwakilan dari Forum Lenteng dan Saidjah Forum, yang menjadi pemenang kompetisi Festival Film Dokumenter (FFD) 2011 kategori dokumenter panjang lewat film Dongeng Rangkas. Selain itu, film Indonesiaku di Tepi Batas menjadi pemenang kategori dokumenter pendek dan film Is It You? pemenang kategori dokumenter pelajar. Malam penganugerahan ini berlangsung Sabtu, 10 Desember 2011 di Societet, Taman Budaya Yogyakarta pukul 19.30.

Menurut Dewan Juri, film Dongeng Rangkas berhasil memenangkan penghargaan karena isunya yang berani, treatment-nya yang subtil dan cermat, tidak terperangkap dalam kesimpulan besar, ritme yang apik, dan membuktikan keberhasilan kolaborasi dalam karya dokumenter.

Sedangkan Indonesiaku di Tepi Batas menang karena retorika nasionalisme yang tidak biasa dan di luar arus utama. Film ini melihat masalah dari sisi ekonomi politik. Tema bahasan jelas dan padat, treatment dan pendekatannya konsisten dan efektif, serta risetnya juga konsisten dan bertanggung jawab.

Lalu, film Is It You? dinilai mengangkat topik yang khas dan isu menarik bagi remaja. Teknik dan cara bertanya pewawancara menarik, dan filmnya sederhana tapi kreatif. Namun, Juri juga memiliki catatan, film ini masih sarat dengan running text dan pengungkapan yang masih seperti sketsa.

Pada malam itu, diumumkan juga Juri Komunal Terbaik dan Film Pilihan Juri Komunal sebagai bagian dari program School Doc, yang merupakan rangkaian program FFD, dengan memutar film-film dokumenter dan diskusi di sekolah-sekolah di Yogyakarta. Tahun ini, sekolah yang berpartisipasi adalah SMA De Britto, SMA Bopkri 2, SMAN 2, dan SMAN 8. Beberapa siswa kemudian dipilih menjadi Juri Komunal, yang harus menonton enam film unggulan kategori dokumenter pendek dan empat film unggulan kategori dokumenter pelajar. Juri Komunal kemudian menilai berdasarkan formulir penilaian serta memberikan penjelasan atas pilihannya. Penjelasan serta cara menilai dan melihat film yang baik menjadi kriteria tiga pemenang Juri Komunal Terbaik. Sedangkan Film Pilihan Juri Komunal adalah film Indonesiaku di Tepi Batas.

Setelah acara pengumuman pemenang, film Is It You? diputar dan kemudian acara berpindah ke Amphiteater, Taman Budaya Yogyakarta. Acaranya berupa ramah tamah dan pertunjukan musik dangdut.