Artikel/Berita Modus Produksi Modus Anomali

Poster Film Modus Anomali (Joko Anwar, Lifelike Pictures, 2011)Network of Asian Fantastic Films (NAFF) menganugerahkan Bucheon Award pada Modus Anomali, proyek film yang akan disutradarai Joko Anwar dan diproduseri Sheila Timothy. Sebagai bagian dari Puchon International Fantastic Film Festival, Korea Selatan, 17-20 Juli 2011, NAFF merupakan ajang pitching sekaligus pasar untuk proyek-proyek film yang akan diproduksi. Dalam ajang tersebut, para produser, distributor, dan investor memilih proyek mana yang terbaik untuk mereka tindak lanjuti lebih jauh. Panitia NAFF mencatat ada 308 pertemuan bisnis yang terjadi sepanjang periode penyelenggaraan. Selain itu, proyek-proyek film tersebut juga dinilai oleh juri untuk memenangkan beberapa penghargaan, salah satunya adalah Bucheon Award yang dimenangkan Modus Anomali.

Juri NAFF tahun ini terdiri dari Gloria Fan (eksekutif produser Mosaic Media Group, Amerika Serikat), Sadai Yuji (kepala Bitter End Company, Jepang), dan Michelle Son (managing director M-Line Distribution, Korea Selatan). Modus Anomali menyisihkan 23 proyek film lainnya yang lolos seleksi NAFF. Panitia NAFF menerima sekitar seratus proyek film dari berbagai negara, di antaranya Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Afrika Selatan. Dengan memenangkan Bucheon Award, Modus Anomali berhak atas hadiah uang sebesar 10 juta Won atau $9.500.

Menurut Sheila Timothy, hadiah dari NAFF hanya mencakup sebagian kecil dari biaya produksi Modus Anomali. Ia melihat hadiah uang tersebut sebagai sampingan dari keuntungan lain yang lebih besar. Dengan mengikuti NAFF dan memenangkan Bucheon Award, Modus Anomali mendapat tawaran untuk produksi bersama (co-production)dan distribusi dengan beberapa studio dan perusahaan dari Amerika dan Australia. Melalui tawaran-tawaran tersebut, biaya produksi Modus Anomali dapat terpenuhi seratus persen. Modus Anomali sendiri masih dalam tahap pra-produksi, dengan rencana produksi beberapa bulan ke depan.

Modus Anomali merupakan sebuah film tentang usaha seorang laki-laki menyelamatkan keluarganya, yang hilang saat berlibur di sebuah hutan, dari seorang pembunuh misterius. Selain Modus Anomali, Sheila Timothy dan Joko Anwar juga sedang menyiapkan proyek film lain berjudul Impetigore.