Katalog Kembang Kertas

8
Penulis skenario
Prabowo
Penulis cerita
Wahyuni
Sinopsis

Karena dorongan istrinya, Prabowo memasuki bisnis bahaya dan akhirnya dijebloskan ke penjara. Sementara menunggu pengadilan, kawan kongsinya, Wahyuni, janda cerai, bisa membebaskannya, ia juga mencintainya. Ani dan Rini, anak-anak mereka yang lalu pindah dari rumah mewah ke rumah susun sederhana, mengalami guncangan. Masing-masing punya pelampiasan sendiri-sendiri. Antara lain narkotika dan pelacur.

Sementara ibunya sakit-sakitan, Wahyuni mencoba mengangkangi Prabowo. Setelah ketahuan, perlahan-lahan masalah masing-masing coba diselesaikan. Wahyuni rela mengakurkan kembali seluruh keluarga. Rini mencoba jadi fotografer, mengikuti pacarnya yang juga pemuda frustrasi, dan berketetapan jadi pemandu wisata di Bali.

Ada tokoh lain yang keluar masuk, wartawan, yang katanya mau jadi "saksi kehidupan". Kata-kata besar bermuatan filosofis memang agak bertebaran. Slamet sebagai sutradara mencoba menyodorkan hampir semua lapisan kehidupan, dari yang bawah sampai yang atas. Gayanya campuran antara realis dan nonrealis.

Catatan

Kopi 35 mm / VHS judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.