Sutradara
Naga Bonar
Ibu Naga Bonar (Naga Bonar's mother)
Produser
Sinopsis

Sebuah kisah kocak yang bernada mengejek kepahlawanan dengan latar belakang zaman perang kemerdekaan. Naga Bonar, bekas tukang copet tanpa pendidikan, naif, rasa setia kawannya besar, tapi nekat dan jujur. Ia mengangkat dirinya menjadi komandan sebuah laskar dan berjuang melawan Belanda. Ia juga terlibat cinta dengan Kirana (Nurul Arifin), gadis anak dokter yang berpihak kepada Belanda.

Juga kisah-kisah kocak zaman perang dituturkan, termasuk persahabatannya dengan Bujang (Afrizal Anoda) dan sikap patuhnya pada ibunya (Roldiah Matulessy). Deddy Mizwar bermain cemerlang, seolah permainannya itu "menggerakkan" pemain lain dalam film ini.

Catatan

Pada 2008 film ini diedarkan kembali (8 Mei), karena sukses Nagabonar Jadi 2. Kondisi film yang rusak parah diperbaiki, dan suara pemain diisi ulang oleh pemain-pemain lama yang masih hidup, kecuali suara Roldiah Matulessy yang sudah sangat tua. Musik juga ditulis dan direkam ulang oleh penata musik yang sama. Suara direkam dalam format dolby surround.Kopi 35 mm / VHS judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.