Katalog Darah dan Mahkota Ronggeng

0
Sinopsis

Di desa Paruk seorang gadis cilik dianggap memiliki darah ronggeng yang sudah lama tak dimiliki desa, yang hidup karena ronggeng. Itulah kepercayaan penduduk setempat yang diwariskan oleh almarhum perintis desa, yang terletak di wilayah tandus dan gersang. Ronggeng dianggap penyelamat baik material maupun rohani. Maka gadis cilik itu dipelihara dan diarahkan oleh Kartareja dan istrinya, tetua dan dukun desa, untuk jadi ronggeng.

Perkiraan itu benar. Setelah cukup umur, sang gadis, Srintil harus menjalani upacara pokok "buka klambu", alias menyerahkan keperawanannya pada mereka yang membayar termahal. Pacar Srintil, Rasus, mencoba melarikan kekasihnya, tapi digagalkan oleh jagoan desa tetangga, Sulam dan kawan-kawannya, yang menginginkan keperawanan Srintil.

Srintil digiring pulang, Rasus dibuang ke jurang. Upacara buka kelambu dilanjutkan. Pada saat kritis, Rasus yang ternyata selamat, muncul lagi dan bertindak bak Rambo. Anak buah Sulam satu per satu dijebaknya dan tewas. Yang terakhir Sulam. Maka larilah Rasus dan Srintil meninggalkan desa yang mereka anggap punya adat aneh itu.

Catatan

Adaptasi dari novel "Ronggeng Dukuh Paruk", yang pertama kali dimuat secara bersambung di Kompas.