Katalog Matjan Berbisik

0
Sutradara: Tan Tjoei Hock
Produser: The Teng Chun
Pemeran: Said, Bissu, Moh Mochtar, Hadidjah
Sinopsis

Setelah menyerahkan uang dan menitipkan anaknya Hamid, 4 th, kepada Sanip (Said), Djaja (Bissu) tak pernah muncul. Sanip sendiri punya anak, Usman (6 th). Setelah kedua anak itu dewasa, Usman merasa iri, karena Zainab (Hadidjah) memilih Hamid (Moh. Mochtar). Berbagai usaha yang dilakukan Usman untuk menyingkirkan Hamid, selalu mengalami kegagalan. Sekali waktu Hamid jatuh ke jurang karena keroyokan teman-teman Usman. Hamid dianggap sudah meninggal. Sementara itu Sanip mau menyerakahi uang titipan Djaja, dan Usman yang gagal menggagahi Zainab karena datangnya sosok misterius, mencoba menikahi Zainab secara resmi. Di hari pernikahan sosok misterius datang lagi dan menyaru sebagai Usman. Ketika ijab kabul selesai dilaksanakan, Usman asli datang dan hendak mengeroyok pengantin baru itu tapi digagalkan oleh penghulu. Sanip dan keluarganya lalu memburu pengantin itu.

Catatan

Tan Tjoei Hock (1908-1984) mulai 1950 jadi wartawan olahraga dengan nama Tanu Trh. Ia juga menulis tentang film. Moesa adalah ayah Habibah (Mak Bibah), dan kakek dari Hadidjah.Hasil program digitalisasi Pusbang Film Kemendikbud RI, durasi film menunjukkan 61 menit.Kopi 35 mm judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.

Trivia

Poster dan foto-foto Gadis Panggilan (1976) disita polisi Bandung dari gedung bioskop, dan dilarang beredar di Garut dan Sumedang.