Katalog Kleting Kuning
Judul alternatif: Juju Kangkang (aka)

0
Sinopsis

Ini salah satu versi cerita rakyat Jawa Ande-Ande Lumut. Pangeran Ande Ande-Ande Lumut berkeliling kerajaannya dengan menyamar sebagai pengemis. Ia ingin mencari sendiri calon permaisurinya. Di sebuah desa, ia menjumpai tiga gadis, Kleting Merah, Kleting Hijau, anak seorang janda, dan Kleting Kuning, anak tiri sang janda.Ia melihat bagaimana Kleting Kuning disiram air panas, hingga wajahnya cacat.Kembali ke istana, Raja mengeluarkan maklumat mencari permaisuri.

Kleting Merah dan Hijau bergegas ke istana. Saat akan menyeberang sungai, ia dibantu Yuyu Kangkang (kepiting besar), dengan syarat menyanyikan lagu Aku Cinta Padamu. Perbuatan ini diketahui Pangeran, hingga kedua gadis ditolak. Kleting Kuning juga ingin melamar, apalagi ia diminta Pangeran untuk datang sendiri. Ia tak dapat menyeberang sungai, karena tak mau memenuhi syarat Yuyu Kangkang. Seorang Dewi datang menolong dengan memberi sebuah benda yang bisa menghentikan aliran sungai, hingga ia bisa menyeberang dan diterima Pangeran

Kleting Merah dan Hijau berkata bahwa Pangeran memilihnya hanya karena kasihan. Kleting Kuning putus asa dan terjun ke sebuah jurang. Ia tidak meninggal, bahkan wajahnya kembali cantik.

Catatan

Kopi 35 mm judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.